Bugar

3 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

3 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

MOMSMONEY.ID - Merawat kulit di rumah, Anda bisa mencoba tiga masker wajah alami ini untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Masalah kulit yang sering dialami kulit berminyak dan berjerawat adalah komedo, jerawat dan pori-pori besar. Anda masih bisa merawat kulit dengan perawatan alami di rumah. Bahan yang digunakan juga mudah ditemukan, seperti madu, lidah buaya dan oatmeal. 

Berikut tiga masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat dilansir dari jovee.id

1. Madu dan kunyit

Masker wajah alamiuntuk kulit berminyak dan berjerawat adalah madu dan kunyit. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan ½ sendok teh kunyit dan 1 sendok makan madu. Diamkan masker selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat alami yang terbuat dari madu dan kunyit ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit karena mengandung kunyit.

Kunyit adalah anti inflamasi alami. Dipadukan dengan madu, masker ini memiliki manfaat lebih karena mengandung antioksidan yang juga antibakteri dan anti mikroba alami.

Masker alami ini dapat membantu menenangkan jerawat yang meradang dan mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Baca Juga: Promo Tiket.com Vila & Apartemen di Indonesia dengan Diskon hingga Rp 150.000

2. Lidah buaya

Masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah lidah buaya. Siapkan lidah buaya segar yang telah dibersihkan dan diambil dagingnya kemudian dihaluskan. Tambahkan seduhan teh hijau atau kunyit ke dalamnya.

Campurkan bahan-bahan hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Aplikasikan ke wajah dan diamkan 10-15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air sampai bersih.

Masker wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat alami ini dipercaya mampu membantu mengatasi jerawat yang meradang. Hal ini karena kandungan lidah buaya yang merupakan penenang alami.

Selain itu, lidah buaya memiliki 6 kandungan antiseptik salah satunya adalah asam salisilat yang menjadikannya sebagai obat jerawat alami yang ideal, terutama untuk Anda yang memiliki kulit berminyak.

Tambahan kunyit bubuk atau teh hijau dalam masker ini dapat membantu mengontrol kadar minyak pada kulit dan membantu merawat kulit yang sensitif.

3. Oatmeal

Berikutnya, gunakan bahan oatmeal untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Cara membuatnya cukup mudah, campurkan sekitar 1-2 sendok oatmeal tawar dengan air secukupnya. Pastikan campuran oatmeal ini nantinya mengental sempurna.

Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher kemudian biarkan masker selama 20-30 menit. Anda juga bisa menggosokkan masker ini secara lembut dengan gerakan memutar sebelum membilasnya dengan air bersih.

Oatmeal mengandung antioksidan dan anti inflamasi. Selain itu, oatmeal juga mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan kulit, antara lain vitamin B kompleks, vitamin E, protein, lemak, dan mineral.

Selain dicampurkan begitu saja dengan air, Anda juga bisa menambahkan yogurt atau madu untuk efek melembapkan dan mengenyalkan kulit. Gunakan masker ini 2-3 kali dalam seminggu secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak sulit, kan? Itulah tiga masker wajah alami untuk kulit berminyak dan berjerawat. Anda bisa merawat kulit wajah dari rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News