3 Makanan Korea yang Unik dan Tidak Biasa. Pernah Coba?

Reporter: Raissa Yulianti
Kamis, 23 September 2021 | 16:10 WIB
3 Makanan Korea yang Unik dan Tidak Biasa. Pernah Coba?

ILUSTRASI. Soondae termasuk salah satu makanan Korea yang unik & tidak biasa karena terbuat dari darah sapi/babi (Dok/Hanna One)

MOMSMONEY.ID - Makanan Korea terkenal sebagai salah satu makanan yang memiliki cita rasa enak & visual yang memikat. Tapi nyatanya, ada juga loh makanan yang tidak biasa dan cukup unik bagi orang-orang di luar Korea.

Makanan unik & tidak biasa ini kerap kali muncul di beberapa drama & film Korea. Entah karena baunya ataupun bahannya yang tidak biasa, beberapa makanan ini masuk ke dalam kategori “unik” bahkan bagi masyarakat Korea sendiri

Penasaran kan, apa saja makanan Korea yang unik dan tidak biasa bagi banyak orang? Merangkum dari The Culture Trip, 90 Day Korean, dan Tripzilla, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 6 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Ayam, Tertarik Mencoba?

Soondae

Makanan Korea Soondae

Makanan Korea pertama yang unik & tidak biasa ini bernama Soondae.

Soondae merupakan sosis khas Korea yang terbuat dari darah sapi/babi.

Sekilas memang mengerikan, tapi nyatanya banyak yang menjadikan makanan yang satu ini sebagai makanan favorit masyarakat Korea, loh!

Soondae ini dibuat dengan cara memasukkan darah, nasi, mie, dan beberapa bumbu lainnya yang dikemas ke dalam usus sapi/babi.

Pengemasannya itu sendiri sangat mirip dengan bentuk sosis pada umumnya, sehingga Soondae disebut sebagai sosis darah yang lezat dari Korea.

Soondae sendiri merupakan salah satu street food yang paling terkenal di berbagai wilayah Korea Selatan. Soondae kerap kali muncul pada adegan makan di beberapa Drama Korea.

Baca Juga: Promo Mingguan JCO 20-26 September 2021, Paket Box Burger dan Donut Rp 109.000

Sannakji

Makanan Korea Sannakji

Sannakji adalah makanan Korea yang sangat tidak biasa, namun sudah sangat populer hampir di seluruh dunia.

Sannakji merupakan gurita yang dimakan hidup-hidup. Sesuai namanya, kata “Sannakji” berasal dari kata “San” yang artinya “Hidup”, dan “Nakji” yang artinya “Gurita”.

Karena gurita dalam Sannakji masih hidup, maka gurita yang dipilih pun adalah yang masih fresh dan langsung diambil dari aquarium pasar. Anda tidak perlu jijik, karena pasar ikan di Korea Selatan terjamin kebersihannya.

Nantinya, Sannakji akan langsung dihidangkan dengan memotong kecil-kecil tentakel gurita. Karena memang masih hidup, maka kemungkinan besar tentakel yang telah dipotong kecil-kecil ini bergerak di atas piring anda.

Jangan salah, meski terlihat cukup mengerikan, tapi kebanyakan turis sangat penasaran dengan makanan yang satu ini, loh! Banyak di antara mereka yang pada akhirnya mencoba memakan Sannakji saat berkunjung ke Korea.

Baca Juga: Resep Bebek Kaleyo yang Empuk Selezat Buatan Restoran

Hongeo

Makanan Korea Hongeo

Hongeo adalah sajian daging ikan skate yang difermentasi. Ikan skate ini hampir mirip dengan ikan pari.

Makanan yang satu ini jadi salah satu makanan paling unik dan tidak biasa karena menimbulkan bau yang menyengat pada mulut setelah mengonsumsinya.

Alasan mengapa hidangan Hongeo berbau menyengat adalah karena saluran pembuangan air kecil pada ikan skate itu sendiri.

Ikan skate buang air kecil melalui asam urat pada kulit mereka. Alhasil ketika sedang difermentasi, asam urat terurai menjadi senyawa ammonia dengan bau yang begitu kuat.

Hongeo biasa dimakan bersama kimchi dan saus gochujang untuk sedikit menetralisir rasa.

Perlu anda ketahui, tidak semua orang Korea mau menyantap Hongeo ini karena baunya yang sangat kuat, loh! Tapi jika anda penasaran, anda bisa membeli Hongeo ini di restoran-restoran khusus di Korea Selatan.

Nah, dari ketiga makanan Korea yang unik dan tidak biasa ini, adakah yang membuat anda tertarik untuk menyantapnya?

Selanjutnya: Menggoda! 4 Makanan Korea Ini Berkuah Lezat!

 

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru