Santai

3 Jenis Tidur Siang Paling Umum, Sudah Tahu Belum?

3 Jenis Tidur Siang Paling Umum, Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Ada beragam jenis, berikut ini adalah beberapa jenis tidur siang beserta fungsinya masing-masing.

Meluangkan waktu untuk beristirahat dan tidur siang bisa membawa kesegaran bagi tubuh yang lelah karena beraktivitas seharian.

Namun, tahukah jika ternyata tidur siang memiliki beberapa jenis dan fungsinya masing-masing?

Bagi yang belum tahu, simak yuk beberapa jenis tidur siang, fungsi, manfaat dan durasi dari setiap jenisnya berikut:

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan dan Merawat Tindik bagi Pemula

The Power Nap

Jenis tidur siang ini memiliki durasi 15 menit. Paling efektif adalah melakukan tidur siang ini pada pukul 1 siang hingga 3 sore.

Jenis tidur ini cocok bagi orang sibuk dan membutuhkan waktu istirahat sejenak. Manfaat yang diperoleh dari tidur siang jenis ini adalah membantu meningkatkan memori dan daya ingat di otak.

Melansir dari situs Verlo, pada tahap ini seseorang akan masuk pada kenyenyakkan tidur tahap II, di mana memori jangka panjang dan pendek akan ditingkatkan juga.

Snooze Session

Snooze session memiliki durasi yang lebih panjang, yakni selama 30 menit. Jenis tidur siang ini cocok bagi seseorang yang merasa kurang tidur pada malam hari.

Baca Juga: Ini 6 Rahasia Seks Tahan Lama, Cocok Buat Pasutri

Tidur siang jenis ini sebaiknya juga dilakukan 6 jam setelah waktu bangun pagi. Jadi, ketika seseorang bangun pukul 7 pagi, maka tidur siang ini akan sangat efektif dilakukan pada pukul 1 siang.

Full On Naps

Laman The National Sleep Foundation menyatakan, durasi tidur siang pada jenis ini adalah sekitar 90 menit. Setelah bangun dari tidur siang jenis ini, maka tubuh akan terasa lebih segar.

Tidur siang ini sebaiknya memiliki jeda 6 jam dari waktu bangun pagi. Jika begadang, maka sebaiknya lakukan tidur siang jenis ini sesegera mungkin.

Menurut laman Pro Nappers, manfaat tidur dalam jenis dan durasi ini bisa membantu meningkatkan daya ingat memori serta tingkat kreativitas pada seseorang.

Itu tadi beragam jenis tidur siang beserta fungsinya masing-masing. Coba gunakan dengan efektif untuk beristirahat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News