HOME, Santai

3 Film Korea Ini Diangkat dari Cerita Nyata! Sudan Nonton?

3 Film Korea Ini Diangkat dari Cerita Nyata! Sudan Nonton?

MOMSMONEY.ID - Genre thriller, suspense, dan misteri kini sedang naik daun dan digandrungi oleh para penikmat film. Memfokuskan pada scene yang cenderung menegangkan daripada menyeramkan, genre yang satu ini lebih menjadi pilihan untuk ditonton ketimbang film dengan genre horor.

Film Korea sendiri juga memiliki beberapa film thriller yang dapat membuat penontonnya tak berhenti merasakan ketegangan. Salah satunya adalah film-film yang mengangkat cerita asli kasus pembunuhan dan kejahatan yang sering terjadi di Korea.

Kasus-kasus ini notabene bukan dilakukan oleh orang biasa loh, namun psikopat.

Ini dia 3 film Korea yang terinspirasi dan di buat dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai dan kejahatan yang terjadi di Korea.

Baca Juga: 5 Film Angkat Kesehatan Mental, Yuk Cari Tahu

Memories of Murder (2003)

Film yang dibintangi Kang Ho Song, Kim Sang Kyung, dan Park Hae Il ini merupakan film yang diadaptasi dari kisah pembunuhan berantai yang terjadi di Hwaseong.

Terjadi sekitar tahun 1986 dan 1991, kasus pembunuhan berantai ini menjadi kasus pembunuhan berantai pertama yang terjadi di Korea.

Disutradarai oleh Bong Joon Ho, menceritakan tentang kisah dan upaya yang dilakukan dua detektif Korea yang mengidentifikasi kasus ini dan diminta untuk segera menangkap pembunuh psikopat ini. 

Banyak permasalahan yang terjadi karena kurangnya akses identifikasi mayat pada tahun tersebut. Membuat kasus ini menjadi lebih panjang dan pelaku pembunuhan susah untuk ditangkap.

Film ini mendapatkan rating tinggi yakni 8.1/10 dari imdb dan 94% dari Rottentomatoes.

Baca Juga: Ini Dia 4 Drama Korea Tentang Kesehatan Mental yang Harus Ditonton

Silenced (2011)

Dibintangi oleh Gong Yo dan Jung Yu Mi film ini mengangkat kisah nyata yang terjadi di Gwangju Inhwa School. Pada awal tahun 2000 terungkap hal menyedihkan bahwa murid yang bersekolah di sekolah khusus bagi tuna rungu ini menjadi korban pelecehan seksual yang dilakukan berkali-kali oleh komite sekolah.

Film ini menceritakan bagaimana akhirnya siswa-siswi disekolah tuna rungu ini berani bercerita mengenai kekerasan seksual yang kerap mereka terima ketika bersekolah. Segala upaya dilakukan agar kasus yang telah ditutupi oleh kepala sekolah, guru, polisi bahkan jaksa ini dapat diekspos pada masyarakat luas.

Sehingga, anak anak yang menjadi korbannya dapat memperoleh keadilan hukum. Beruntung film ini dapat membawa keadilan nyata bagi korban dan mengganjar pelaku dengan hukuman yang lebih. 

Voice of Murderer (2007)

Film ini mengangkat cerita nyata kasus penculikan bocah 9 tahun Lee Hyung Ho pada 29 Januari 1991. Penculik ini hanya menggunakan telepon untuk berkomunikasi dan mengancam orang tua dari Lee Kyung Ho untuk meminta uang tebusan. 

Orang tua Lee Hyung Ho yang saat itu mengkhawatirkan keadaan anaknya tentu saja terpaksa mengikuti kemauan penculik tersebut. Namun malang, 44 hari setelah diculik, polisi menemukan mayat dari Lee Hyung Ho yang dikubur didekat rumahnya di Apgujeong-dong. 

Bukti forensik menemukan fakta bahwa Lee Hyung Ho telah dibunuh dua hari setelah ia diculik. Hingga kasus ini kadaluwarsa pada tahun 2006, penculik sekaligus pembunuhnya hingga saat ini masih belum tertangkap.

Selanjutnya: Throwback Film Keluarga Indonesia, Yuk Tonton Bareng Anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News