Keluarga

3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anak yang Perlu Orang Tua Terapkan

3 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Anak yang Perlu Orang Tua Terapkan

MOMSMONEY.ID - Jantung termasuk organ vital yang perlu dijaga kesehatannya bahkan sedari masa kanak-kanak.

Jika seseorang lalai dalam menjaga kesehatan jantungnya, tidak mustahil jika berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung menjadi lebih mudah menyerang.

Sebagai orang tua, Anda wajib turut andil dalam menjaga kesehatan jantung anak sedini mungkin. Melansir Nemours Children’s Health dan Ascent Cardiology, inilah 3 cara menjaga kesehatan jantung anak yang perlu Anda terapkan.

Baca Juga: 5 Cara Membantu Anak Remaja Tidur Lebih Cepat dan Nyenyak di Malam Hari

1. Dorong anak untuk berolahraga

Jogging bersama anak

Cara menjaga kesehatan jantung anak yang pertama adalah mendorong mereka untuk berolahraga secara teratur.

Olahraga dapat membantu memperkuat berbagai bagian jantung sekaligus membantu anak menghindari kondisi yang berhubungan dengan jantung akibat ketidakaktifan dan gaya hidup yang minim aktivitas fisik.

Tak perlu terlalu berat, Anda bisa mengajak anak bersepeda, bermain bola, berlari, atau sekadar berjalan cepat di sekitar rumah.

2. Biarkan anak bermain di luar rumah

Anak bermain air

Selain olahraga, bermain di tempat terbuka juga termasuk cara yang efektif untuk menjaga jantung anak tetap aktif dan sehat.

Saat anak memainkan permainan yang mengandalkan gerakan fisik seperti petak umpet atau kejar-kejaran dengan teman-temannya di luar rumah, itu akan membuat mereka terengah-engah.

Dan, semakin sering anak melakukan aktivitas yang membuat mereka terengah-engah, maka semakin kuat pula jantungnya.

3. Sajikan makanan yang sehat

anak makan pisang

Kombinasi antara aktivitas fisik dan makanan sehat akan menciptakan pertahanan yang lebih kuat untuk melindungi jantung anak.

Setiap hari, sajikanlah 5 porsi buah dan sayuran untuk anak Anda. Buah-buahan dan sayuran tidak hanya rendah lemak, kalori, dan natrium, tetapi juga menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk kesehatan tubuh termasuk jantung anak.

Menurut American Heart Association, kategori makanan sehat yang patut Anda berikan kepada anak juga mencakup biji-bijian, makanan tinggi serat, daging tanpa lemak, ikan setidaknya 2 kali seminggu, dan produk susu rendah lemak.

Selain makanan, Anda juga disarankan untuk tidak memberikan minuman manis bernutrisi rendah seperti soda dan energy drink kepada anak. Sebaiknya, berikan anak Anda air putih, susu rendah lemak atau non-lemak, dan jus buah murni.

Itulah 3 cara menjaga kesehatan jantung anak yang perlu diterapkan oleh para orang tua. Selain menerapkan ketiga cara di atas, pastikan juga untuk mengajak anak Anda melakukan cek kesehatan secara rutin karena ini merupakan bagian penting dari rencana komprehensif untuk menjaga kesehatan anak keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News