Keluarga

3 Cara Memilih Facial Wash Sesuai Jenis Kulit dengan Tepat, Sudah Tahu?

3 Cara Memilih Facial Wash Sesuai Jenis Kulit dengan Tepat, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Inilah 3 cara memilih facial wash sesuai jenis kulit yang patut Anda ketahui.

Mencuci muka penting dilakukan untuk menyingkirkan sisa makeup dan kotoran yang menempel pada wajah.

Rutinitas ini disarankan untuk dilakukan setidaknya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur.

Untuk pembersihan yang maksimal, cuci muka sebaiknya dilengkapi dengan penggunaan sabun cuci muka atau facial wash. Dengan menggunakan facial wash, seluruh residu yang masih tertinggal pada wajah dapat benar-benar terangkat.

Namun, tahukah Moms bahwa produk facial wash yang ada di pasaran memiliki formula yang berbeda-beda? Perbedaan formula pada setiap facial wash tentu ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masing-masing jenis kulit.

Baca Juga: Ini 4 Kombinasi Skincare Terbaik Agar Wajah Lebih Cepat Glowing

Supaya Moms tidak salah pilih, berikut MomsMoney bagikan 3 cara memilih facial wash sesuai jenis kulit yang dilansir dari Vogue.

1. Cara memilih facial wash untuk kulit kering

Para pemilik kulit kering atau dry skin disarankan untuk memilih facial wash yang lembut. Penting juga untuk memilih facial wash yang mengandung bahan pelembab serta asam lemak dalam bentuk minyak di dalamnya.

Seorang dokter kulit asal Mumbai bernama Dr Jaishree Sharad menyarankan kepada para pemilik kulit kering untuk memilih facial wash yang mengandung petrolatum, lanolin, dan mineral oil. Kandungan-kandungan tersebut tidak hanya mampu membersihkan kulit namun juga akan menyisakan kelembaban.

Pastikan juga untuk memilih facial wash yang bersifat hypoallergenic atau tidak mudah menyebabkan alergi, bebas pewangi, tidak mengandung bahan kimia atau alkohol, serta memiliki formula yang tidak berbusa.

Hindari facial wash antibakteri dan facial wash yang memiliki kandungan eksfoliator seperti salicylic acid atau glycolic acid agar kulit wajah tidak semakin kering.

2. Cara memilih facial wash untuk kulit berminyak

Facial wash yang cocok untuk kulit berminyak atau oily skin adalah facial wash yang mengandung bahan-bahan alami seperti aloe vera dan tea tree oil. Kedua bahan tersebut mampu menyeimbangkan produksi minyak dan mendukung kejernihan kulit.

Selalu ingat juga untuk memilih facial wash yang tidak memiliki efek mengeringkan atau membuat kulit tertarik.

Agar kulit tidak semakin berminyak, Moms harus menghindari facial wash yang mengandung minyak atau alkohol.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Facial Wash yang Tepat untuk Remaja, Jangan Salah Pilih!

Apabila kulit Moms termasuk acne prone atau rentan berjerawat juga, Moms bisa memilih facial wash berbahan dasar salicylic acid. Kandungan salicylic acid pada facial wash berfungsi untuk membuka pori-pori sekaligus menghilangkan minyak berlebih.

3. Cara memilih facial wash untuk kulit sensitif dan kombinasi

Facial wash yang bersifat hypoallergenic, bebas pewangi, bebas paraben, dan bebas sabun sangat cocok digunakan oleh para pemilik kulit sensitif maupun kombinasi.

Sekian informasi tentang 3 cara memilih facial wash sesuai jenis kulit. Sebagai tambahan, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka, membersihkan sisa makeup dan sunscreen dengan produk first cleanser sebelum mencuci muka, tidak mencuci muka terlalu sering, serta tidak membilas muka menggunakan air panas. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News