Keluarga

3 Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Berbau Menyengat Saat Dikonsumsi

3 Cara Memasak Daging Kambing Agar Tidak Berbau Menyengat Saat Dikonsumsi

MOMSMONEY.ID - Daging kambing punya bau yang khas dan cukup mengganggu bagi sebagian orang. Nah, bagaimana cara menghilangkan bau menyengat tersebut pada daging kambing? Intip cara-caranya berikut ini.

Daging kambing memiliki bau yang khas. Bau pada daging kambing ini ternyata disebabkan karena rumput yang dimakan oleh domba.

Dilansir dari The Meat Guy, rumput mengandung klorofil yang merupakan senyawa organik “phytol” yang menghasilkan bau khas. Oleh karena itu, bau menyengat pada daging kambing merupakan bau yang berasal dari rumput.

Untuk menghilangkan bau pada daging kambing, MomsMoney telah merangkum beberapa cara memasak daging kambing agar tak bau. Simak dan ikuti cara-caranya yang dirangkum dari laman Our Everyday Life, The Meat Guy, dan eHow!

Baca Juga: 4 Cara Memilih Daging Sapi yang Masih Segar

Buang lemaknya

Cara menghilangkan bau pada daging kambing bisa dilakukan dengan membuang lemaknya.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Phytol si penyebab bau pada daging kambing banyak terkandung dalam lemak. Sementara daging kambing itu sendiri punya banyak lemak tak jenuh jika dibandingkan dengan daging sapi dan babi.

Untuk dapat menghilangkan bau pada daging kambing, maka hilangkanlah bagian lemak yang biasanya tersembunyi di bawah otot daging kambing.

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Daging Kurban yang Alot Jadi Super Empuk

Rendam

Setelah membuang bagian lemak, cara menghilangkan bau pada daging kambing bisa dilakukan dengan merendamnya dalam air garam.Garam membantu menarik rasa dan bau pada daging kambing serta membuatnya menjadi lebih netral seperti daging sapi.

Anda juga bisa merendam daging kambing dalam susu atau buttermilk selama beberapa jam untuk efek yang sama. Merendam daging kambing juga tak hanya membuat bau pada daging kambing dapat menghilang, tapi juga dapat melunakkan daging kambing yang alot.

Baca Juga: 5 Jenis Potongan Terenak Pada Daging Sapi, Sudah Pernah Coba?

Gunakan tanaman herbal

Bau pada daging kambing juga dapat dihilangkan dengan memanfaatkan tanaman herbal yang aromatik seperti Rosemari.

Tanaman Rosemari yang beraroma kuat dapat menghilangkan bau pada daging kambing. Cobalah untuk menggosok Rosemari saat proses marinasi berlangsung.

Jika tak punya Rosemari, Moms juga bisa menggunakan bawang putih panggang & daun mint yang telah dihaluskan untuk dapat menghilangkan bau pada daging kambing.

Dengan mengikuti 3 cara di atas, maka bau pada daging kambing akan hilang dan Anda bisa mengonsumsi daging kambing tanpa harus terganggu oleh bau tak menyenangkan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News