Bugar

3 Bahan Aktif Ini Tidak Boleh Dicampur dengan Niacinamide, Apa Saja?

3 Bahan Aktif Ini Tidak Boleh Dicampur dengan Niacinamide, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Ternyata, ada beberapa bahan aktif yang tidak boleh dicampur dengan niacinamide. Hal ini bisa menyebabkan kulit jadi iritasi, muncul rasa panas, gatal, dan kulit kemerahan. 

Meskipun teknik layering skincare sedang populer, Anda tetap harus waspada dengan bahan-bahan aktif yang dicampurkan. 

Supaya tidak iritasi, berikut tiga bahan aktif yang tidak boleh dicampur dengan niacinamide dilansir dari evamuliaclinic.com:

Baca Juga: Cara Membuat Bedak Lotong Khas Suku Bugis untuk Berbagai Masalah Kulit

1. AHA/BHA

Pertama, niacinamide tidak boleh dicampur dengan AHA/BHA. Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang memperbaiki kulit kering atau rusak dengan meningkatkan elastisitasnya.

Saat niacinamide digunakan bersamaan dengan AHA, maka akan menghasilkan asam nikotinat. Asam nikotinat ini dapat mengiritasi kulit. Oleh sebab itu, penggunaan niacinamide paling efektif ketika kulit memiliki pH netral.

Selain AHA, niacinamide juga tidak dapat digunakan dengan BHA. Ini akan mengurangi kinerja kandungan asam AHA/BHA. Akibatnya, pengelupasan senyawa AHA dan BHA tidak berjalan maksimal dan kulit menjadi iritasi.

2. Vitamin C

Niacinamide tidak boleh dicampur dengan vitamin C. Kandungan niacinamide yang dicampur dengan vitamin C membantu menghilangkan bekas jerawat dan merawat kulit.

Namun, penggunaan skincare dengan niacinamide yang dicampur dengan vitamin C dapat menyebabkan iritasi. Kandungan niacinamide dapat merusak rantai vitamin C, sehingga kulit menjadi merah sehingga dapat  memicu terjadinya breakout.

Karena niacinamide dan vitamin C adalah bahan perawatan kulit yang tidak boleh dicampur atau digunakan bersamaan, Anda perlu lebih berhati-hati saat mengaplikasikan layering skincare.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sabun Wajah Pria untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat, Wajib Coba!

3. Centella asiatica

Terakhir, niacinamide tidak boleh dicampur dengan centella asiatica. Seperti yang Anda tahu bahwa niacinamide bentuk dari vitamin B3 yang bisa mengatasi eksim, jerawat dan bekas jerawat, mengontrol produksi sebum, mengurangi kerutan dan garis halus serta menjaga hidrasi kulit.

Pada centella asiatica juga mengandung zat bermanfaat untuk kulit seperti saponin, flavonoid, asam fenolik dan terpenoid. Kedua bahan ini dapat menimbulkan efek samping berupa iritasi kulit.

Sehingga, niacinamide tidak boleh dicampurkan dengan centella asiatica karena dapat meningkatkan risiko efek samping iritasi kulit.

Nah, itulah beberapa bahan aktif yang tidak boleh dicampur dengan niacinamide. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News