Keluarga

2 Cara Memperbanyak Tanaman Monstera Pinnatipartita dan Langkah Perawatannya

2 Cara Memperbanyak Tanaman Monstera Pinnatipartita dan Langkah Perawatannya

MOMSMONEY.ID - Ada dua cara memperbanyak tanaman monstera pinnatipartita. Seperti varietas monstera lainnya, monstera pinnatipartita berkembang biak dengan cukup mudah. 

Cara memperbanyak tanaman monstera pinnatipartita bisa menggunakan tanah dan air.

Anda bisa memilih cara memperbanyak tanaman monstera pinnatipartita yang paling mudah. Ketiga cara memperbanyak tanaman monstera pinnatipartita ini bisa Anda pilih. 

Mengutip Plantstory, monstera pinnatipartita memiliki ciri khas yaitu daun terbelah saat memasuki masa dewasa. 

Daunnya berwarna hijau pekat dan mengkilap dengan pertulangan daun timbul sehingga membuat daun seakan-akan berurat tajam. 

Saat usia remaja, beberapa daun akan memiliki lubang. Lubang ini wajar bagi tumbuhan, bukan karena terinfeksi.

Baca Juga: Intip Cara Merawat Bunga Zinnia, Kenali Manfaat dan Klasifikasi Bunga Kertas

Saat menjelang dewasa, lubang di daun ini akan melebar hingga membuat daun menjadi terbelah. Bentuk ujung daun dan pangkal daun menjadi tumpul saat dewasa. Tangkai  daun dan batang berwarna hijau.

Akan tumbuh akar di bagian nodus (dudukan daun/mata tunas). Akar dari nodus ini yang nantinya akan mencari benda sebagai media untuk tumbuh merambat.

Berikut 2 cara memperbanyak tanaman monstera pinnatipartita:

1. Tanah 

Untuk menyebarkan setek di tanah, mulailah dengan mengambil setek yang baik. Temukan bagian yang sehat dengan satu atau dua daun muda dan setidaknya satu buku (ini akan terlihat seperti benjolan kecil di sisi berlawanan dari batang daun).

Gunakan gunting yang tajam dan steril untuk mengambil potongan Anda sekitar setengah inci, sehingga potongan Anda mengandungnya dan daun yang sehat.

Kemudian, buat campuran 50/50 perlit dan lumut basah dan masukkan ke dalam pot.

Kubur ujung potongan dalam campuran lumut. Tempatkan pot di tempat yang terang (tetapi jauh dari sinar matahari langsung) dan jaga agar lumut tetap lembab.

Stek Anda akan mulai menumbuhkan akar dalam beberapa minggu dan siap untuk campuran pot biasa. 

Baca Juga: Perbedaan Monstera Deliciosa dan Borsigiana, Simak Tips Merawatnya bagi Pemula

2. Air 

Untuk memperbanyak tanaman menggunakan air, ambil stek Anda dan tempatkan dalam wadah kaca bening berisi air bersih. Ujung potongannya harus terendam, tetapi jangan sampai daunnya menyentuh air.

Ganti air setiap minggu dan perhatikan akarnya. Setelah akarnya setidaknya sepanjang satu inci (ini akan memakan waktu sekitar 8 minggu), Anda dapat menanam stek di tanah.

Cara Melapisi Monstera 

Untuk lapisan udara, Anda memerlukan gunting, lumut sphagnum, bungkus plastik, dan tali atau ikatan pelintir.

Pertama, temukan bagian monstera yang ingin Anda perbanyak. Itu harus mencakup setidaknya satu daun sehat dan simpul.

Dengan menggunakan gunting yang sudah disterilkan, buat sayatan kecil pada batang di dekat ruas, tidak lebih dari ¼ jalan menembus batang.

Jika menggunakan Propagation Promoter, gunakan bola kapas untuk dioleskan pada luka.

Basahi lumut dan peras agar lembab saja. Bungkus lumut di sekitar luka di batang, lalu bungkus lumut dengan plastik pembungkus. Kemudian, kencangkan seluruh bundel dengan tali atau ikatan pelintir.

Dengan botol semprot, basahi kembali lumut bila perlu, tetapi jangan direndam. Dalam beberapa bulan, Anda akan melihat akar tumbuh di dekat potongan.

Jika panjang akarnya setidaknya satu inci, Anda dapat memotong di bawahnya dan menanam seluruh potongannya.

Baca Juga: Tips Daun Monstera Lebar dan Mengkilap, Begini Cara Merawat Monstera

Langkah perawatan 

Untuk merawat tanaman monstera pinnatipartita, pastikan tanah mengandung bahan-bahan organik kaya nutrisi yang dapat dihasilkan dari potongan kayu, mulsa, kompos, kotoran hewan dan lainnya. 

Selanjutnya, letakkan tanaman ini di tempat yang teduh namun mendapatkan sinar matahari dengan terang.

Saat tanaman mulai memasuki dewasa, ia mulai menumbuhkan akar-akar udara yang akan mencari nutris sendiri.

Selain mencari nutrisi, akar ini akan berusaha menempel pada suatu benda untuk memanjat. Maka dari itu, siapkan kayu atau batang untuk menopang pertumbuhannya.

Nah, itulah beberapa cara memperbanyak tanaman monstera pinnatipartita yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda juga bisa mengikut langkah-langkah perawatannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News