Santai

10 Tips biar Baterai HP Awet dan Enggak Boros, Lakukan Hal Berikut

10 Tips biar Baterai HP Awet dan Enggak Boros, Lakukan Hal Berikut

MOMSMONEY.ID - Saat ini sebagian besar HP memiliki kapasitas baterai yang besar. Tetapi, tak semua pengguna mengetahui tips biar baterai HP awet. 

Artikel ini memberikan informasi mengenai tips agar baterai HP awet. Tips ini akan membantu Anda agar baterai HP awet dan tidak boros. 

Salah satu tips agar baterai HP awet tergantung dari penggunaannya. Jika Anda menggunakan HP terlalu sering, baterai kemungkinan mengalami penurunan masa. 

Siapa pun yang telah menggunakan ponsel selama bertahun-tahun mungkin akan menyadari bahwa masa pakai baterainya tampaknya semakin pendek dari waktu ke waktu, mungkin hanya bertahan setengah hari bahkan setelah diisi penuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP yang Cepat Panas dan Boros Baterai, Ketahui Penyebabnya

Hal tersebut karena setiap kali baterai lithium-ion ponsel Anda mengisi dan mengeluarkan energi, baterai kehilangan berapa banyak daya yang dapat ditampungnya.

Nah, untuk menjaga baterai HP awet dan tidak boros. Berikut ini tips baterai HP awet.

Tips biar baterai hp awet

1. Jaga baterai agar tidak 0% atau 100%

Beberapa dari Anda mungkin berpikir bahwa cara terbaik untuk menjaga kesehatan baterai adalah dengan mengisi daya dan mengosongkannya hingga penuh, mencoba mengisi daya hingga 100% dan mengosongkannya sepenuhnya.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengkalibrasi baterai membuatnya bekerja lebih baik.

Idealnya, Anda harus mengisi daya baterai hingga sekitar 80% dan menghindari penurunannya kurang dari 30%.

2. Hindari mengisi daya baterai melebihi 100%

Sebaiknya tidak mengisi daya baterai melebih 100 persen. Hal tersebut dapat mempersingkat masa pakai baterai sehingga cepat boros. 

Ketika disimpan pada pengisian 100%, baterai Anda tidak hanya mengalami tekanan yang lebih tinggi dari voltase yang lebih tinggi, panas juga menumpuk seiring waktu.

Baca Juga: Cek HP yang Sudah Android 13, Ini Daftar Terbaru 2023

3. Isi daya secara perlahan

Jika Anda bermaksud memaksimalkan masa pakai baterai, Anda mungkin harus menyimpannya untuk keadaan darurat karena dapat membuat stres dan merusak baterai Anda, terutama jika Anda memiliki ponsel yang lebih tua.

Di sisi lain, mengisi daya baterai lebih lambat justru bagus untuk hp. Hal tersebut tidak akan membuat baterai HP menjadi lebih boros. 

4. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth jika tidak digunakan

Satu pengurasan umum pada masa pakai baterai adalah membiarkan Wi-Fi atau Bluetooth ponsel Anda aktif saat tidak digunakan karena menguras baterai Anda memindai jaringan atau perangkat yang akan dihubungkan.

Semakin sedikit siklus pengisian baterai ponsel Anda, semakin lambat penurunannya dan semakin lama masa pakainya.

5. Kelola layanan lokasi

Banyak aplikasi yang melacak lokasi ponsel Anda untuk mendukung layanan mereka, terus memindai dengan kombinasi lokasi GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan menara seluler untuk akurasi maksimum.

Untuk memastikan bahwa Anda tidak menyia-nyiakan masa pakai baterai, sebaiknya hanya izinkan aplikasi ini mengakses layanan lokasi Anda hanya saat Anda menggunakan aplikasi tersebut.

6. Nonaktifkan fitur asisten 

Jika Anda tidak memerlukan atau hampir tidak menggunakan fitur Google Assistant dan Siri, sebaiknya nonaktifkan. 

Fitur tersebut menambah pengurasan baterai ponsel Anda, terutama jika mereka terus-menerus mendengarkan perintah suara Anda.

Baca Juga: Prediksi Jadwal Rilis Xiaomi 13 Series Secara Global, Ini Bocoran Spesifikasinya

7. Jangan tutup aplikasi secara paksa

Menutup aplikasi yaitu menutup paksa aplikasi yang berjalan di latar belakang pada ponsel Anda tidak benar-benar meningkatkan masa pakai baterai Anda sama sekali. Bahkan, itu justru bisa memperburuk keadaan.

Sistem iOS dan Android memiliki algoritme yang secara otomatis mengatur berapa banyak daya atau memori yang digunakan aplikasi latar belakang.

8. Turunkan kecerahan layar

Kecerahan layar sangat menguras baterai ponsel. ika Anda perlu menghemat daya baterai, mengubahnya ke pengaturan terendah namun masih dapat dibaca adalah cara yang tepat.

9. Manfaatkan mode baterai pintar 

Perangkat Android dan iOS saat ini dilengkapi dengan penghemat baterai pintar atau mode daya rendah.

Ini sangat membantu karena secara otomatis mengurangi fungsi yang menghabiskan masa pakai baterai, seperti penggunaan CPU, notifikasi, pengambilan e-mail, dan kecerahan layar.

Meskipun mode hemat daya ini secara otomatis diaktifkan saat baterai ponsel Anda hampir habis, Anda dapat dengan mudah mengaktifkannya secara manual kapan pun Anda mau.

Cara ini dapat membantu mengurangi tekanan pada baterai HP Anda.

Baca Juga: Cara Mengisi Baterai Laptop Tanpa Charger, Ikuti Tips dan Panduan Mudah Berikut

10. Gunakan mode gelap

Tes baru-baru ini oleh PhoneBuff menemukan bahwa masa pakai baterai iPhone Anda dapat diperpanjang hingga 30% dengan merangkul estetika gelap ini.

Google melakukan penelitiannya sendiri dan menunjukkan bagaimana Google Pixel menarik energi 63% lebih sedikit dalam Mode Malam. AppleInsider menemukan hampir 60% penghematan baterai dalam Mode Gelap.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan mode gelap untuk mengurangi penggunaan baterai. 

Jadi, itulah beberapa tips biar baterai HP awet. Anda bisa melakukan beberapa tips di atas untuk menjaga baterai HP awet. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News