HOME, Bugar

10 Tanaman Herbal yang Ampuh Membunuh Penyakit Kanker

10 Tanaman Herbal yang Ampuh Membunuh Penyakit Kanker

MOMSMONEY.ID - Kanker merupakan penyakit yang cukup banyak diderita masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker.

Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian, dikutip dari laman resmi Institut Teknologi Bandung.

Ada beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk melawan kanker yaitu dengan operasi, radiasi, antibody monoclonal, dan kemoterapi. Namun banyak orang yang akhirnya memilih alternatif lain dalam melawan kanker dengan tanaman herbal.

Faktor penyebab penyakit kanker yang paling berperan penting adalah faktor keturunan. Selain faktor keturunan, minuman beralkohol dan obesitas juga dapat menambah resiko munculnya kanker. 

Tanaman herbal sendiri merupakan tanaman atau tumbuhan yang memiliki nilai lebih dalam pengobatan. Tanaman herbal yang kerap ada di sekitar juga memiliki manfaat yang luar biasa. 

Baca Juga: Menakjubkan! 4 Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Kesehatan

Berikut 10 tanaman herbal yang ampuh membunuh penyakit kanker.

1. Tapak Dara (Vinca rosea)

2. Taxol (Taxus sp)

3. Lempuyang Wangi (Zingiber zerumbet)

4. Temu Kunci (Boesenbergia pandurata)

5. Melinjo/Tangkil (Gnetum gnemon)

6. Daun Sirsak (Annona muricata)

7. Bawang Tiwai (Eleuthrine americana)

8. Keladi Tikus 

9. Biji dari buah Anggur

10. Propolis (dari lebah madu).

Baca Juga: Manfaat Bunga Chamomile untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

Salah satu yang sudah banyak digunakan adalah daun sirsak. Saat dibandingkan dengan obat kanker yang standar digunakan, yaitu tamoxifen, senyawa aktif dari daun sirsak ternyata lebih baik untuk menekan sel kanker. 

Selain itu, potensi lainnya yang menarik adalah melinjo. Ternyata, biji melinjo memiliki kandungan senyawa aktif yang sangat baik menekan pertumbuhan sel kanker yaitu gnetin C dan trans-resveratrol. 

Kesepuluh potensi obat herbal ini telah melalui berbagai uji coba untuk memastikan bahwa obat tersebut benar-benar dapat membunuh sel kanker.

Ya, melalui uji kandungan senyawa aktif, uji tingkat sel dan diuji langsung kepada penderita kanker, dikutip dari laman resmi Institut Teknologi Bandung.

Hasilnya, kesepuluh jenis herbal tersebut dapat menekan aktivitas sel kanker dan mendapat testimoni positif dari pasien uji coba. 

Selanjutnya: Waspadai Gejala Kista Ovarium untuk Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News