Keluarga

10 Rekomendasi Bunga Dekorasi untuk Lebaran yang Bisa Bikin Ruangan Wangi dan Harum

10 Rekomendasi Bunga Dekorasi untuk Lebaran yang Bisa Bikin Ruangan Wangi dan Harum

MOMSMONEY.ID - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Anda perlu menyiapkan beberapa dekorasi ruangan agar terlihat semakin cantik. Salah satunya yaitu bunga dekorasi untuk lebaran. Berikut ini terdapat rekomendasi bunga dekorasi untuk lebaran yang bisa bikin wangi ruangan. 

Tak hanya memiliki kelopak yang cantik, bunga dekorasi untuk lebaran ini juga memiliki aroma yang wangi. 

Bunga dekorasi untuk lebaran ini sangat cocok diletakkan di sudut ruangan untuk menyebarkan bau wangi di dalam rumah. 

Baca Juga: Hampers Tanaman Hias Lebaran yang Bisa Jadi Referensi untuk Orang Terdekat

Mengutip All About Gardening, berikut ini rekomendasi bunga dekorasi untuk lebaran yang bisa bikin wangi ruangan. 

1. Bunga Hoya 

Keharuman halus bunga Hoya carnosa menjadikannya pilihan populer sebagai tanaman dalam ruangan.

Bunga merah muda dan merah beludru lilin sering kali untuk parfum, tetapi aromanya tidak menguasai ruangan. Dan, sebagai bonus tambahan, mereka mengalir di atas pot atau keranjang gantung dengan indah.

Hoya adalah tanaman yang tumbuh relatif lambat dan hanya berbunga saat dewasa (berusia 2-3 tahun)

Untuk menghasilkan bunga beraroma ini, mereka membutuhkan sinar matahari tidak langsung yang cerah sehari penuh di tempat yang tepat di sebelah jendela.

2. Jeruk 

Pohon jeruk seperti lemon, limau, jeruk, kumquat, dan jeruk nipis tidak dianggap sebagai tanaman dalam ruangan yang khas.

Namun, ada beberapa tanaman jeruk yang cocok untuk ditanam di dalam ruangan dalam wadah dan membawa aroma jeruk segar yang banyak dicari di rumah.

Varietas buah yang lebih kecil seperti jeruk nipis lebih cocok untuk ditanam di dalam ruangan. Mereka membutuhkan setidaknya 6 jam sinar matahari sehari, terutama jika Anda berharap pohon Anda berbuah.

Baca Juga: 7 Bunga Potong yang Tahan Lama di Vas, Bisa Tetap Segar hingga Berbulan-bulan

Ada juga varietas lemon dan limau kerdil yang bisa menjadi tanaman hias yang bagus.

Kelemahan dari kebanyakan jeruk yang ditanam di dalam ruangan adalah kemungkinan bunga melakukan penyerbukan untuk menghasilkan buah. Anda dapat mencoba menyikat serbuk sari dari satu rangkaian bunga ke rangkaian lainnya agar tanaman dapat berbuah, tetapi hasilnya berbeda-beda.

3. Hyacinth 

Batang pendek tingginya sekitar 8-10 inci dan dikemas dengan bunga berwarna-warni yang berbau indah dan memberikan keharuman mereka di sekitar ruangan. 

Tempatkan dalam posisi terang di dalam ruangan dari sinar matahari langsung. Tempat-tempat yang dekat dengan jendela yang menghadap ke selatan yang cerah tetapi jauh dari sinar matahari langsung adalah tempat yang ideal.

4. Anggrek 

Anggrek

Banyak jenis anggrek ditanam di dalam ruangan sebagai tanaman hias. Beberapa varietas memiliki keharuman yang spektakuler saat berbunga, mulai dari rempah-rempah seperti kayu manis, vanila, dan cokelat hingga aroma bunga lain seperti mawar dan lili.

Mereka juga berbunga lebih lama dari spesies lain sehingga akan menghasilkan aroma setidaknya selama beberapa bulan. 

Pilih anggrek seperti Brassavola nodosa (Lady of the Night) yang berbau seperti Lily of the Valley, Oncidium 'Sharry Baby Sweet Fragrance' yang memiliki aroma cokelat, atau Cattleya walkeriana yang memiliki aroma vanila bercampur kayu manis.

Sayangnya, beberapa anggrek memiliki aroma yang kurang sedap. Ini digambarkan berbau seperti daging atau kotoran yang membusuk. Mereka memiliki bau ini untuk menarik serangga yang memakan bahan yang membusuk, yang pada gilirannya menyerbuki tanaman.

5. Daun Mint

Ramuan favorit untuk aromanya adalah salah satu varietas mint. Mint tumbuh paling baik dalam pot karena memiliki sistem akar agresif yang dapat mengambil alih taman dalam waktu singkat, membuatnya cocok untuk ditanam di dalam ruangan. 

Mint memiliki beberapa persyaratan khusus untuk tumbuh dengan baik di dalam ruangan, termasuk banyak cahaya. Simpan di ruangan yang sejuk dengan cahaya tidak langsung yang terang dan lebih disukai beberapa jam sinar matahari langsung.

Baca Juga: 5 Referensi Tanaman Hias Dekorasi Lebaran di Rumah

Sirami saat lapisan atas tanah terasa kering, pupuk setiap beberapa minggu dengan pupuk cair dan petik sesering mungkin untuk menjaga bentuk tanaman dan mendorong pertumbuhan baru. Jepit setiap kuncup segera setelah Anda melihatnya atau tanaman akan menjadi berkaki panjang.

6. Kamboja

Dengan sinar matahari langsung selama 4-6 jam sehari, Anda bisa menanam kamboja di dalam ruangan dan mendapatkan keharuman yang luar biasa saat berbunga.

Tanaman kamboja tropis ini membutuhkan suhu tinggi untuk tumbuh subur dan jendela yang menghadap ke selatan untuk memberi mereka cukup cahaya.

7. Melati

Pohon anggur Stephanotis floribunda yang selalu hijau berasal dari pulau tropis Madagaskar di mana ia dikenal sebagai Melati Madagaskar, sering terlihat dalam upacara pengantin dan keagamaan.

Bunga tubular berwarna putih, lilin, memiliki aroma eksotis yang membuat tanaman ini luar biasa untuk wewangian di rumah selama bulan-bulan musim panas.

Dibutuhkan tempat yang sejuk dan cerah untuk berbunga dengan suhu di atas 70F. 

Stephanotis lebih suka akar yang dingin (jangan letakkan di dekat radiator) dan setelah tumbuh dengan baik, jangan terlalu banyak memindahkannya.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Bunga Turi untuk Kesehatan?

Tanaman merambat ini membutuhkan air seminggu sekali di musim tanam dan pemupukan teratur. Tingkatkan kelembapan dengan baki kerikil dan air atau gunakan alat pelembab udara untuk hasil terbaik.

8. Mawar Pot

Air mawar

Mereka tidak memiliki aroma mawar yang sangat kuat dibandingkan dengan jenis mawar lainnya.

Tapi mereka tetap beraroma mawar halus dan tersedia dalam berbagai warna bunga.

Mereka membuat daftar ini karena mekarnya yang tahan lama dan aromanya yang ringan, diterima di rumah mana pun. Mereka membutuhkan penyiraman secara teratur setiap beberapa hari, tetapi pastikan untuk tidak menggenangi tanah.

Tempatkan mereka dalam posisi yang cukup terang di rumah, beri mereka sinar matahari beberapa jam sehari.

Setelah mereka selesai berbunga, pindahkan mereka ke taman di luar ruangan untuk terus tumbuh dengan sukses.

9. Lavender

Salah satu tanaman beraroma terbaik untuk ditanam di dalam ruangan tidak diragukan lagi adalah lavender. 

Namun, itu bukan salah satu yang sering terlintas dalam pikiran untuk tumbuh di dalam ruangan. Untungnya, ada cara untuk menanam lavender sebagai tanaman hias dengan sukses dan mendapat manfaat dari keharuman manis yang dibawa oleh bunga dan daun.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Easter Lily, Tanaman Hias yang Punya Kaitan dengan Paskah

Pilih jendela yang menghadap ke selatan dengan sinar matahari minimal 6 jam sehari. Putar pot setiap minggu agar tanaman mendapat cukup cahaya di sekelilingnya.

Penyiraman yang berlebihan akan menyebabkan tanaman membusuk tetapi juga tidak boleh tergenang air atau tanaman akan menjadi stres.

10. Lily 

Wewangian klasik lainnya berasal dari umbi musiman yang disebut Lily of the Valley (Convallaria majalis).

Tanaman dalam ruangan yang populer ini memiliki bunga berbentuk lonceng berwarna putih. 

Tanam di tanah pot dengan sabut kelapa dan perlit untuk drainase ekstra. Pupuk hanya selama musim tanam dengan makanan nabati cair.

Semua bagian tanaman beracun, jadi harus berhati-hati di sekitar manusia dan hewan peliharaan. Mereka akan berbunga selama sekitar empat minggu dalam satu musim untuk mengeluarkan keharuman yang indah.

Nah, itulah beberapa rekomendasi bunga dekorasi untuk lebaran yang bisa bikin ruangan jadi wangi dan harum. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News