HOME, Bugar

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Kolesterol Juga

10 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Menurunkan Kolesterol Juga

MOMSMONEY.ID - Daun kelor memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Meskipun sering diidentikkan dengan hal mistis, faktanya daun kelor menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  

Daun kelor yang juga disebut moringa ini dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah serta memiliki kandungan antioksidan tinggi.  

Berikut manfaat daun kelor yang dirangkum dari Buku Pintar Tanaman Obat: 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit. 

Baca Juga: 5 Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Menstruasi

1. Membantu mengatasi kanker 

Manfaat daun kelor memiliki kemampuan dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker. Hal ini membuat daun kelor juga berguna dalam membantu kemoterapi lebih efektif.   

2. Baik untuk jantung 

Ekstrak daun kelor memiliki kandungan mengatasi dislipidemia, salah satu jenis penyakit jantung akibat naiknya kadar kolesterol serta trigliserida di tubuh.   

3. Kaya akan antioksidan 

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang terlalu tinggi, dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes melitus hingga penyakit jantung.   

4. Meredakan peradangan 

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi di tubuh.   

5. Menurunkan kolesterol 

Manfaat daun kelor yang disebut dapat membantu menurunkan kolesterol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats. 

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Meredakan Muntaber

6. Baik untuk daya ingat 

Kandungan antioksidan serta zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya dapat meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk meningkatkan daya ingat.   

7. Menurunkan kadar gula darah 

Daun kelor juga disebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkapkan manfaat daun kelor dalam hal ini.   

8. Berpotensi mengatasi infeksi bakteri 

Tanaman ini mengandung bahan yang bersifat antimikrobial, sehingga mampu memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.   

9. Mencegah anemia 

Kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalam daun kelor bisa mencegah anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh masih perlu dilakukan.

10. Dipercaya baik untuk wanita menopause 

Daun kelor yang dikonsumsi dalam bentuk bubuk, dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang telah mengalami menopause.  

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Risiko Sebelum Melakukan Diet Buah

Kendati punya banyak manfaat buat kesehatan, tetap waspadai juga kemungkinan munculnya reaksi alergi daun kelor. Meski alami, bukan berarti kita dapat menggunakannya secara sembarangan.   

Segera hubungi dokter apabila muncul gejala alergi seperti sesak napas, gatal, dan ruam setelah mengonsumsi tanaman ini.

Selanjutnya: Kaya Serat, Buah-buahan Ini Ampuh Atasi Sembelit Mengganggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News