Bugar

10 Makanan Penurun Asam Urat yang Ampuh, Ada Alpukat hingga Brokoli

10 Makanan Penurun Asam Urat yang Ampuh, Ada Alpukat hingga Brokoli

MOMSMONEY.ID - Namun, pola makan yang tepat dan sehat dapat membantu mengelola serta menurunkan kadar asam urat dalam darah. Apa saja makanan penurun asam urat yang ampuh?

Asam urat tinggi bukan hanya menyebabkan rasa sakit yang tak tertahankan, tetapi juga bisa mengarah pada kondisi kesehatan serius lainnya seperti batu ginjal dan kerusakan sendi.

Momsmoney telah merangkumkan beberapa makanan penurun asam urat yang ampuh sebagai berikut:

1. Alpukat

Melansir dari Alodokter, alpukat merupakan pilihan yang baik untuk mengurangi asam urat karena kandungan vitamin E yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi. Lemak tak jenuh dalam alpukat juga memberikan berbagai manfaat kesehatan, menjadikannya pilihan yang sehat meskipun tinggi lemak.

Baca Juga: Makanan Ini Ampuh untuk Mengurangi Kolesterol, Cek Ada Apa Saja!

2. Ceri

Ceri mengandung antosianin, sebuah zat pewarna alami dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang membantu menurunkan asam urat. Buah ini juga kaya akan vitamin C dan quercetin, yang mendukung keefektifan ceri sebagai pengurang asam urat.

3. Jeruk

Jeruk yang kaya akan vitamin C efektif dalam menurunkan asam urat dan mencegah serangan berulang. Selain jeruk, makanan lain yang kaya vitamin C seperti nanas, stroberi, tomat, brokoli, dan kembang kol juga dapat membantu mengurangi asam urat.

Baca Juga: Apakah Kacang Mete Mengandung Kolesterol? Cek juga Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Brokoli

Brokoli yang tinggi serat dan vitamin C adalah pilihan makanan yang sangat baik untuk mengurangi asam urat. Serat di dalam brokoli membantu meningkatkan fungsi ginjal dan usus, sehingga efektif dalam mengeliminasi kelebihan asam urat melalui urine dan feses.

Makanan lain yang tinggi serat seperti pir, beras cokelat, dan kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan.

5. Apel

Apel mengandung vitamin C dan asam malat yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Namun, kandungan fruktosa dalam apel bisa memicu peningkatan kadar asam urat, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang efektivitas apel dalam mengurangi asam urat.

Baca Juga: Gejalanya Bikin Tidak Nyaman, Bolehkah Asam Urat Dipijat Sebenarnya?

6. Pisang

Pisang adalah pilihan buah yang bagus untuk penderita asam urat karena kandungan kalium yang tinggi. Dikutip dari laman Hello Sehat, kalium membantu mencegah pembentukan kristal asam urat dan memudahkan pengeluarannya melalui ginjal.

Mengonsumsi satu atau dua pisang setiap hari dapat membantu menurunkan tingkat asam urat.

7. Buah kersen

Buah kersen, atau Jamaican cherry, juga dianggap bermanfaat bagi penderita asam urat. Penelitian tahun 2013 menunjukkan bahwa jus buah kersen dapat menurunkan kadar asam urat, meskipun tidak seefektif allopurinol.

Meski hasilnya masih beragam, konsumsi buah kersen masih dianjurkan karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Baca Juga: Ubah Pola Makan, Ini 9 Cara Jitu Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

8. Susu rendah lemak

Susu segar dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt, terutama yang rendah lemak, disarankan untuk penderita asam urat.

Menurut Arthritis Foundation, susu rendah lemak membantu mengurangi kadar asam urat dan mengurangi risiko serangan gejala yang tiba-tiba karena protein dalam susu membantu pengeluaran asam urat melalui urine.

9. Protein Nabati

Penelitian di New England Journal of Medicine menyatakan, protein nabati lebih baik untuk penderita asam urat dibandingkan protein hewani.

Kacang polong, buncis, dan lentil, yang termasuk dalam keluarga legum dengan purin rendah, tidak hanya aman tetapi juga dapat membantu mencegah serangan asam urat.

Baca Juga: Macam-Macam Makanan Tinggi Purin Ini, Penderita Asam Urat Wajib Hindari!

10. Sayuran rendah purin

Meskipun beberapa sayuran seperti bayam atau asparagus tinggi purin dan tidak disarankan, brokoli, wortel, dan tomat adalah pilihan yang baik karena kandungan purinnya yang rendah.

Brokoli mengandung hanya 70 mg purin per 100 gram, sementara wortel memiliki 2,2 mg, dan tomat ceri 3,1 mg. Sayuran ini, dengan antioksidannya, bisa membantu mengurangi asam urat.

Nah, itulah beberapa makanan penurun asam urat yang ampuh. Anda dapat mengonsumsinya sebagai upaya mengelola kadar asam urat. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News