Santai

10 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Meninggalkan Rumah

10 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Meninggalkan Rumah

MOMSMONEY.ID - Perjalanan bisnis atau memiliki jadwal rutin untuk liburan meninggalkan rumah terkadang memang menyenangkan. Moms bisa mendapatkan suasana di kota baru untuk sejenak menghilangkan jenuh karena kegiatan sehari-hari yang itu-itu saja. 

Namun jika Anda tidak hati-hati memastikan rumah aman, maka saat pulang malah jadi mimpi buruk. Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, The Washington Post menyarankan kita semua untuk membuat daftar yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Yuk langsung simak aja!

Baca Juga: Ingin Mendekor Ulang Rumah Kontrakan? Simak Tipsnya!

Bilang ke teman, saudara atau tetangga kalau Anda akan pergi

Berikan kunci rumah Anda kepada orang yang paling Anda percaya saat akan pergi meninggalkan rumah berhari-hari. Sehingga mereka bisa memiliki akses untuk masuk ke rumah untuk memeriksa saluran air, listrik dan hal lainnya yang perlu diawasi. 

Jangan lupa matikan e-mail

Jika tujuan Anda pergi untuk liburan, matikan email Anda. Buka kembali saat Anda sudah pulang. Ini dilakukan untuk menghindari email menumpuk. 

Pasang alat keamanan di rumah

Anda tidak perlu membeli sistem keamanan mahal. Pastikan Anda memiliki lampu pintar yang bisa terhubung melalui wifi, serta kamera CCTV. Pasang di beberapa tempat seperti di pintu utama dan pintung belakang. 

Bodohi calon pencuri

Caranya, Anda bisa memarkirkan mobil di halaman depan alih-alih di garasi. Kemudian buka sedikit tirai jendela. Dengan cara ini para pencuri akan mengira bahwa ada orang di rumah tersebut. Untuk lebih berhati-hati ubah tatanan penyimpanan barang berharga Anda di rumah selama berpergian. Jika Anda pelupa, buat daftar penyimpanan barang berharga dan bawa bersama Anda saat pergi. 

Rapikan kamar dan pasang sprei baru

Saat Anda pulang, biasanya badan dalam kondisi yang lelah. Salah satu cara membuat Anda nyaman saat membuka kamar tidur adalah menemukan ruangan tersebut dalam kondisi rapi dan harum seperti di kamar hotel.

Bersihkan kulkas

Pilih bahan-bahan makanan yang mudah busuk di dapur dan buang. Lakukan ini untuk menghindari rumah Anda beraroma tidak enak karena bahan-bahan tadi membusuk di dapur. 

Cuci semua peralatan yang kotor

Cuci piring, gelas dan pakaian kotor sebelum pergi. Sama seperti saat membersihkan kulkas, lakukan ini supaya rumah Anda tidak dipenuhi bau tidak enak. 

Cek kembali peralatan elektronik

Pastikan Anda sudah mematikan kompor, mencabut semua peralatan elektronik yang terhubung ke listrik. Lakukan ini untuk menghindari bahaya kebakaran di rumah. 

Baca Juga: Begini Cara Hemat Air di Rumah!

Cek ulang seluruh rumah

Setelah Anda menyiapkan seluruh barang bawaan Anda, jangan lupa untuk melihat kembali seluruh isi rumah atau ruangan. Pastikan hal-hal yang harus Anda bersihkan, rapikan dan matikan tidak terlewatkan. 

Sembari keluar rumah, buang sampah Anda

Bawa plastik sampah di dekat pintu keluar, sehingga mudah Anda angkut saat akan berangkat pergi.Jika sudah, rumah Anda sudah dalam keadaan bersih dan siap Anda tinggalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News