Santai

10 Fitur Telegram yang Unik dan Canggih, Bisa Jadwalkan Pesan Dikirim

10 Fitur Telegram yang Unik dan Canggih, Bisa Jadwalkan Pesan Dikirim

MOMSMONEY.ID - Telegram adalah aplikasi perpesanan yang canggih dan memiliki banyak fitur lengkap. Terdapat fitur Telegram yang unik dan canggih. 

Fitur Telegram yang unik dan canggih ini dapat membantu pengguna, mulai dari edit foto, video, bahkan memasukkan obrolan ke dalam folder. 

Tak hanya itu, fitur Telegram yang unik dan canggih ini tidak ada di aplikasi perpesanan lain seperti WhatsApp.

Baca Juga: WhatsApp Bakal Rilis Fitur Expiring Group, Apa Itu? Simak Penjelasan dan Caranya

Nah, apa saja fitur Telegram yang unik dan canggih itu? Berikut daftarnya:

1. Edit dan ganti gambar setelah mengirimnya

Pernahkah Anda mengirim gambar hanya untuk menyadari bahwa itu salah? Untungnya, Anda dapat mengedit atau mengubah foto Anda setelah mengirimkannya di Telegram.

Fitur pengeditan Telegram mungkin tidak secanggih aplikasi pengeditan foto khusus di iPhone Anda, tetapi tetap mengesankan.

Anda dapat menyesuaikan foto Anda dengan beberapa cara: memotong, menyesuaikan ketajaman, kontras, dan saturasi, menerapkan bayangan dan sorotan, menambahkan stiker dan teks, dan banyak lagi.

Untuk mengedit atau mengganti foto di Telegram di Android, ketuk dan tahan foto, ketuk tombol pensil, lalu pilih Edit foto ini atau Ganti foto. Di iPhone, ketuk dan tahan foto, lalu ketuk Edit.

Selanjutnya, ketuk tombol di samping kotak pesan dan pilih Ubah Foto atau Video atau Edit Foto Saat Ini.

2. Edit video 

Berkat fitur pengeditan videonya, Anda dapat menggunakan keterampilan pengeditan video dasar Anda dengan Telegram. Untuk mengedit video, pilih satu untuk dikirim dan atur di editor video yang muncul. 

Ada seperangkat alat pengeditan yang layak di editor dalam aplikasi. Anda dapat memangkas atau membalik, menyesuaikan kecerahan atau kehangatan, melakukan beberapa koreksi warna, dan bahkan mengubah kualitas video Anda. Tidak buruk untuk aplikasi perpesanan.

Pengeditan dan penggantian video tidak terbatas pada video yang ingin Anda kirim. Anda juga dapat mengedit atau mengganti video yang sudah Anda kirimkan.

Untuk mengedit atau mengganti video di Telegram di Android, ketuk dan tahan video tersebut, lalu pilih Edit video ini atau Ganti video. Di iPhone, ketuk dan tahan video, lalu ketuk tombol di samping kotak pesan. Selanjutnya, pilih Ubah Foto atau Video, atau Edit Video Saat Ini.

3. Fitur self-destruct

stiker telegram

Anda mungkin menyadari bahwa Anda dapat menghancurkan sendiri pesan di Telegram. Tapi, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat mengatur akun Telegram Anda untuk menghancurkan diri sendiri setelah jangka waktu tertentu?

Ini berguna jika Anda khawatir tentang keamanan dan tidak ingin repot menghapus Telegram Anda secara manual.

Anda dapat mengatur Telegram Anda untuk dihapus setelah periode tidak aktif selama satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun. Jika Anda tidak masuk ke Telegram Anda dalam jangka waktu tersebut, akun Anda akan hancur sendiri setelah waktu berlalu.

Untuk mengatur akun Telegram Anda agar hancur sendiri, buka Pengaturan>Privasi dan Keamanan>Hapus akun saya>Hapus Akun Saya Secara Otomatis dan pilih durasi.

4. Simpan obrolan Anda di folder

Anda dapat mengatur Telegram berkat Folder Obrolan, fitur yang berguna jika Anda harus menelusuri banyak obrolan untuk menemukan yang Anda cari. 

Baca Juga: Begini Cara Ganti Background Video Call WhatsApp, Bisa Diubah Jadi Buram

5. Hapus pesan kapan saja

Telegram juga memungkinkan Anda menghapus pesan yang dikirim orang lain, yang berguna jika Anda tidak ingin melihat pesan tertentu atau khawatir tentang pengintaian. Menariknya, Anda juga dapat menghapus pesan orang lain untuk mereka. 

Untuk menghapus pesan di Telegram, ketuk dan tahan pesan tersebut, lalu ketuk Hapus . Di Android, pilih juga hapus untuk X dan ketuk hapus.

Di iPhone, bergantung pada siapa Anda menghapusnya, Anda akan memilih antara Hapus untuk saya atau Hapus untuk saya dan X. Pesan tersebut akan hilang tanpa jejak, sehingga orang lain bahkan tidak menyadari apa yang telah Anda lakukan.

Jika Anda tidak ingin menghapus obrolan karena alasan privasi, pertimbangkan untuk menyetel kode sandi untuk melindungi pesan Telegram Anda dari pengintaian.

6. Kirim pesan senyap

Anda tidak perlu khawatir akan mengganggu seseorang yang sedang bekerja, belajar, atau tidur saat Anda mengirimi mereka pesan di Telegram, berkat fitur Pesan Senyap aplikasi. 

Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan yang tidak akan mengeluarkan suara atau getaran meskipun orang lain belum mengaktifkan mode Jangan Ganggu di perangkatnya.

Untuk mengirim pesan diam, ketik pesan Anda, lalu ketuk dan tahan tombol Kirim . Pilih Kirim Tanpa Suara, dan hanya itu.

7. Jadwalkan pesan

Jika Anda khawatir mengirim pesan nanti atau lupa mengirimkannya, Anda dapat menjadwalkannya di Telegram. 

Untuk melakukannya, ketik pesan, ketuk dan tahan tombol kirim , lalu pilih tanggal dan waktu. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lupa mengirim pesan kepada seseorang di acara penting, seperti ulang tahun atau hari jadi.

8. Terjemahkan pesan

Anda dapat menerjemahkan pesan Telegram di aplikasi alih-alih menuju ke Google Terjemahan atau penerjemah bawaan perangkat Anda dengan alat penerjemah Telegram.

Anda dapat mengaktifkan terjemahan dengan membuka Setelan, lalu Bahasa. Beralih pada Tampilkan Tombol Terjemahkan, dan Anda selesai. 

Anda akan dapat menerjemahkan pesan dalam obrolan pribadi atau grup. Anda juga dapat menerjemahkan seluruh obrolan, tetapi ini membutuhkan Telegram Premium.

Untuk menerjemahkan pesan di Telegram, ketuk (Android) atau ketuk dan tahan (iPhone), lalu ketuk Terjemahkan. 

Jika Anda pengguna iPhone, Anda dapat menyalin terjemahan, mendengarkannya, dan mengubah bahasa tampilannya. 

Baca Juga: Cara Mencari Grup di Telegram, Bisa Langsung Gabung Tanpa Diundang

9. Temukan orang terdekat

Telegram memungkinkan Anda menambahkan orang yang ada di sekitar dengan membagikan lokasi langsung Anda. Seperti Anda, mereka juga harus menggunakan fitur Orang Terdekat. 

Anda akan terlihat satu sama lain jika menggunakan fitur ini, dan Anda dapat mengetuk namanya untuk menambahkannya. Anda tidak perlu membagikan nomor telepon Anda, yang merupakan nilai tambah.

Berikut cara menggunakan fitur Orang Terdekat:

Di Android:

- Ketuk tombol tiga garis, lalu pilih Orang Terdekat.

- Ketuk Aktifkan.

- Pilih Jadikan Diri Saya Terlihat untuk memungkinkan orang menemukan dan mengirimi Anda pesan.

Di iPhone:

- Buka Kontak, lalu pilih Temukan Orang Terdekat.

- Ketuk Izinkan Akses.

- Pilih Jadikan Diri Saya Terlihat untuk memungkinkan orang menemukan dan mengirimi Anda pesan.

10. Batasi jumlah pesan grup 

Banyak dari kita pernah mengalami situasi yang menjengkelkan karena dibombardir dengan pesan dalam obrolan grup. Jika Anda admin grup di Telegram, Anda dapat memperbaiki masalah dengan Mode Lambat. 

Mode Lambat membatasi jumlah pesan yang dapat dikirim setiap anggota grup dalam grup dalam periode tertentu menjadi hanya satu pesan.

Untuk mengaktifkan Mode Lambat, ketuk nama grup, lalu Edit (tombol pensil, jika Anda menggunakan Android), lalu Izin . Di bawah Mode Lambat , pilih waktu yang harus dilalui sebelum anggota grup dapat mengirim pesan. Anda dapat memilih antara 10 detik dan 1 jam.

Nah, itulah 10 fitur Telegram yang unik dan canggih. Fitur tersebut tidak semua ada di aplikasi pesan lainnya. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News