Santai

10 Aplikasi AI Music Generator, Bisa Bikin Lagu dengan Canggih dan Unik

10 Aplikasi AI Music Generator, Bisa Bikin Lagu dengan Canggih dan Unik

MOMSMONEY.ID - AI Music Generator atau Generator Musik AI memungkinkan konten kreator dan artis musik untuk bereksperimen dalam membuat musik dan lagu. Ada beberapa aplikasi AI MUsic Generator yang bisa digunakan. 

Saat ini, aplikasi AI Music Generator tengah menjadi perbincangan karena mampu menghasilkan lagu dan musik dengan canggih dan cepat. 

Ada beberapa AI Music Generator yang berbayar maupun gratis. Anda dapat menggunakan aplikasi AI Music Generator secara gratis dan berbayar. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Chat GPT di Telegram Tanpa Tambahan Aplikasi, Bisa Lewat Bot

Mengutip Alphr.com, berikut aplikasi AI Music Generator yang dapat Anda gunakan:

1. AIVA - Artifical Intelligence Virtual Artist

AIVA adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda membuat soundtrack yang dipersonalisasi untuk iklan, video game, video, film dan lain-lain. 

Dikembangkan pada tahun 2016, AIVA telah berkembang seperti banyak generator AI sejak saat itu. Tujuan AIVA adalah membantu proses musik Anda, apa pun latar belakang Anda.

Pengguna dapat menggubah dengan gaya prasetel yang tersedia atau dengan pengaruh dari artis musik lain. 

Program ini memberi Anda berbagai gaya musik, mulai dari elektronik, pop, ambient, rock, dan banyak lagi. 

2. Soundful 

Soundful membantu pengguna menghasilkan musik yang unik, gratis, dan bebas royalti.

Perangkat lunak ini memudahkan produser, band, dan pencipta untuk mengatasi blok kreatif mereka dan untuk menghindari masalah hak cipta. 

AI Soundful mengklaim tidak pernah mereplikasi lagu yang sudah ada dan Anda dapat memilih dari lebih dari 50 template dari berbagai gaya musik.

Baca Juga: Cara Hapus Riwayat Obrolan ChatGPT Tanpa Perlu Delete Akun, Begini Tipsnya

3. Ecrett Music

Ecrett Music adalah platform berbasis pembelajaran yang mudah digunakan dan cukup intuitif. Ini telah dikembangkan oleh tim profesional dan pengembang industri musik. 

Perangkat lunak ini memberikan panduan untuk pemula, pengguna menengah, dan mereka yang lebih mahir dalam hal teori musik.

Ecrett Music menawarkan Anda opsi untuk mengunduh perangkat lunak mereka apa adanya atau menyesuaikannya sesuai keinginan Anda.

4. Soundraw

Soundraw memungkinkan Anda memilih petualangan Anda sendiri, mulai dari memilih durasi, suasana hati, gaya, dan tema musik yang ingin Anda buat.

Anda tidak harus memiliki latar belakang pengetahuan komposisi musik dan Anda bisa mendapatkan soundtrack unik dalam waktu singkat. 

Generator musik ini dimaksudkan untuk membuat komposisi dari data. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah hak cipta dari situs web seperti YouTube.

Menggunakan Soundraw daripada audio stok memungkinkan Anda memilih nada yang tepat yang Anda cari. Anda kemudian dapat menyesuaikannya lebih lanjut, membuatnya sesuai dengan video dan podcast Anda dengan sempurna.

Baca Juga: Begini Cara Menyimpan dan Membagikan Percakapan ChatGPT Secara Langsung dari Aplikasi

5. Amadeus Code

Amadeus Code memperkenalkan asisten penulisan lagu AI sebagai aplikasi untuk pengguna Apple. 

Setelah mengunduhnya dari App Store, Anda dapat membuat melodi hanya dalam beberapa menit. 

Aplikasi ini memungkinkan Anda membuat karya musik baru, atau Anda dapat memilih untuk mengambil inspirasi dan elemen dari lagu yang sudah ada.

6. Boomy 

Boomy menghasilkan lagu dalam hitungan menit, dan setelah selesai dengan proses kreatif, Anda berpotensi memperoleh pendapatan streaming dari berbagai layanan. 

Ini membuat Boomy menonjol dari alat lain, dengan menghilangkan hambatan yang sering kita lihat di industri musik. 

Baca Juga: Begini Cara Cek Tulisan Buatan ChatGPT, Ikuti 3 Metode Mudah Ini

7. OpenAI - MuseNet

OpenAI meluncurkan alat penghasil musiknya yang disebut MuseNet untuk menyediakan komposisi empat menit. 

Program ini memungkinkan pengguna memilih dari 10 instrumen yang berbeda, dan dapat memadukan gaya musik yang berbeda. Itu dapat meniru komposer terkenal, seperti Mozart dan Bach, serta banyak artis musik saat ini.

Meskipun pembuat MuseNet tidak memiliki latar belakang musik, tujuan utama mereka adalah membuat generator yang dapat mengenali pola harmoni dan ritme yang sudah tersedia bagi kita.

8. Chrome's Song Maker

Meskipun tidak secanggih generator lain yang telah kami bicarakan sebelumnya, alat Chrome untuk membuat musik terus menjadi favorit pengguna.

Mudah digunakan dan ramah pemula, ini adalah pilihan yang baik untuk orang yang tidak ingin melakukan pembelian besar sebelum terjun ke dunia musik yang dihasilkan AI.

Fokus utamanya adalah pembelajaran dan eksperimen musik yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

Baca Juga: Cara Hapus Akun ChatGPT Beserta Riwayat Obrolan biar Terhindar dari Hacker

9. Magenta Studio

Magenta Studio adalah kumpulan plugin musik, yang dibangun di atas alat dan model sumber terbuka platform.

Ia menawarkan koleksi plugin musik untuk artis, serta neural synthesizer (NSynth) dan aplikasi web yang mendukung MIDI. 

Semuanya menjadikannya pilihan generator AI yang andal bagi mereka yang tertarik untuk meningkatkan proses kreatif mereka.

10. Beatoven.ai

Beatoven.ai memungkinkan Anda membuat dan menyesuaikan trek dalam beberapa langkah mudah.

Ini menggunakan teknik AI canggih untuk menghadirkan musik unik dan bebas royalti kepada Anda. 

Anda dapat mengunggah video atau podcast, atau memilih trek untuk mendapatkan inspirasi. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda memilih dari delapan genre berbeda, termasuk rock, indie, elektronik, dan lainnya.

Anda dapat memilih dari 16 suasana berbeda dan memilih lebih dari satu untuk lagu Anda. Beatoven.ai menawarkan pembuat konten YouTube, pengembang game, dan penggemar musik lagu yang disesuaikan.

Yang berbeda dari software ini adalah masukan dari artis musik yang pernah bergabung dengan Beatoven. AI akan terus belajar melalui kontribusi mereka.

Nah itulah beberapa aplikasi AI Music Generator yang bisa Anda gunakan secara gratis dan berbayar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News