Bugar

Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan!

Yuk, Ketahui Nutrisi dan Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan!

MOMSMONEY.ID - Buah ceri tidak hanya lezat untuk dinikmati tetapi juga menyimpan berbagai manfaat nutrisi yang luar biasa bagi kesehatan. Namun, tak banyak yang tahu tentang hal ini. Lantas, apa saja sih kandungan nutrisi dan manfaat buah ceri untuk kesehatan?

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan membahas lebih lanjut tentang nutrisi yang terkandung dalam ceri dan manfaatnya bagi kesehatan. Yuk, simak selengkapnya!

Kandungan Nutrisi Buah Ceri

Melansir dari laman Cleveland Clinic, secangkir ceri manis yang telah dihilangkan bijinya mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: Sekitar 74.
  • Karbohidrat: 19 gram.
  • Lemak: 0,23 gram.
  • Serat: 2,5 gram.
  • Protein: 1,24 gram.
  • Gula: 15 gram.

Selain itu, ceri juga menyediakan sejumlah vitamin dan mineral, termasuk:

  • Kalsium: 15 miligram.
  • Zat besi: 0,42 miligram.
  • Magnesium: 13 miligram.
  • Kalium: 260 miligram.
  • Vitamin C: 8 miligram.

Baca Juga: Ampuh Bikin BB Cepat Turun, Konsumsi Jus yang Cocok untuk Diet Ini

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Adapun manfaat buah ceri untuk kesehatan Momsmoney merangkumkan sebagai berikut:

1. Melawan Peradangan dan Penyakit

Warna merah pada ceri berasal dari anthocyanin dan tingginya kandungan polifenol seperti flavonoid. Kedua fitonutrien ini memiliki sifat antioksidan yang melindungi tubuh dari peradangan dan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Menurut sebuah ulasan dari beberapa studi, mengonsumsi minimal 45 ceri setiap hari dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun, bagi yang sensitif terhadap salisilat, konsumsi ceri yang berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sakit perut dan diare.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur yang Lebih Baik

Penelitian menunjukkan bahwa ceri, baik asam maupun manis, dapat meningkatkan kualitas tidur karena kandungan melatonin yang tinggi, yang mengatur siklus tidur-bangun. Ceri juga mengandung serotonin dan triptofan, yang membantu dalam produksi melatonin dan mendukung tidur nyenyak.

Baca Juga: Wajib Waspada, Inilah Tanda-tanda Diabetes Semakin Parah dan Penanganannya!

3. Merelaksasi Otot yang Sakit

Studi menunjukkan bahwa konsumsi ceri asam dan jusnya dapat mengurangi peradangan dan nyeri otot setelah berolahraga. Sifat antiinflamasi dan antioksidan dari ceri berfungsi mirip dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, tetapi tanpa risiko efek samping yang serius.

Sebuah studi lain menemukan bahwa suplemen bubuk ceri asam meningkatkan performa atlet lari jarak jauh. Para pelari yang mengonsumsi suplemen ini selama 10 hari sebelum lomba setengah maraton memiliki waktu finish yang 13% lebih cepat dibandingkan yang mengonsumsi placebo.

4. Mencegah dan Meredakan Nyeri Arthritis

Survei tahun 2017 menunjukkan bahwa sekitar satu dari empat orang dengan gout mengonsumsi ceri, jus ceri, atau ekstrak ceri untuk mengurangi risiko serangan gout yang menyakitkan.

Mengonsumsi ceri atau jus ceri setiap hari dapat menurunkan kadar asam urat dan meredakan nyeri serta pembengkakan akibat arthritis.

Baca Juga: Waspada! Begini Ciri-Ciri Terkena Asam Urat

5. Melindungi Jantung

Secangkir ceri segar mengandung 260 miligram kalium, sangat sedikit natrium dan tinggi sterol tanaman. Makanan yang kaya kalium dan rendah sodium dapat membantu menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung.

Sterol tanaman juga membantu menurunkan kadar kolesterol, yang baik untuk kesehatan jantung.

6. Meningkatkan Kadar Gula Darah

Ceri memiliki indeks glikemik yang rendah dan kaya akan serat, yang membantu stabilisasi gula darah, sangat cocok untuk penderita diabetes. Namun, konsumsi ceri pada penderita diabetes harus dengan moderat, karena masih mengandung karbohidrat.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi yang Bisa Dicoba

7. Menurunkan Risiko Kanker

Tingginya kandungan anthocyanin dan melatonin dalam ceri melindungi terhadap kerusakan sel yang menyebabkan kanker. Selain itu, ceri juga mengandung senyawa bioaktif yang menurut penelitian dapat membantu pencegahan kanker.

Nah, demikianlah pembahasan lengkap terkait kandungan nutrisi dan manfaat buah ceri untuk kesehatan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News