Bugar

Yuk, Intip Cara Cepat Menaikkan Gula Darah Berikut Ini, Tertarik Coba?

Yuk, Intip Cara Cepat Menaikkan Gula Darah Berikut Ini, Tertarik Coba?

MOMSMONEY.ID - Gula darah rendah mungkin dialami oleh sebagian orang. Banyak dari mereka yang ingin menaikkan gula darah secepatnya. Memang ada cara cepat menaikkan gula darah, namun tidak banyak yang mengetahuinya.

Salah satu cara efektif dan praktis untuk meningkatkan kadar gula darah dengan cepat adalah dengan mengonsumsi makanan ringan yang kaya akan karbohidrat cepat serap.

American Diabetes Association merekomendasikan strategi "aturan 15-15" untuk mengatasi hipoglikemia, yaitu konsumsi sekitar 15 gram karbohidrat, kemudian menunggu 15 menit untuk mengevaluasi ulang kadar gula darah Anda.

Baca Juga: Kenali Gejala Awal Diabetes dan Cara Mencegahnya Berikut Ini, yuk!

Jika kadar gula darah masih rendah, proses ini harus diulangi dengan mengonsumsi 15 gram karbohidrat tambahan dan menunggu lagi selama 15 menit sebelum melakukan pemeriksaan ulang. Pendekatan ini memungkinkan penyesuaian cepat dan aman terhadap kadar gula darah yang rendah.

Mengutip Healthline, inilah opsi makanan dan minuman untuk menaikkan gula darah dengan cepat:

1. Buah-buahan segar

Buah seperti pisang, apel, atau jeruk merupakan pilihan yang baik karena kandungan gula alaminya yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh. Sebuah buah ukuran sedang dari salah satu jenis ini bisa memberikan peningkatan gula darah yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cegah Banyak Penyakit Kronis, Intip Manfaat Langsat untuk Kesehatan yuk!

2. Kismis

Dua sendok makan kismis dapat memberikan dorongan cepat pada gula darah karena konsentrasi gula alami yang tinggi dalam porsi kecil.

3. Anggur

Sekitar 15 butir anggur bisa menjadi sumber cepat glukosa yang mudah diserap oleh tubuh.

Baca Juga: Punya Segudang Khasiat, Yuk Ketahui Manfaat Melon untuk Kesehatan!

4. Jus buah

Setengah cangkir jus buah seperti apel, jeruk, nanas, atau grapefruit dapat memberikan relief cepat untuk gula darah rendah karena kandungan fruktosa yang tinggi.

5. Soda biasa

Setengah cangkir soda biasa (yang mengandung gula, bukan versi bebas gula) juga dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Baca Juga: Bukan Beras Putih, Ini Pilihan Beras yang Ramah untuk Penderita Diabetes

6. Susu bebas lemak

Satu cangkir susu bebas lemak tidak hanya menyediakan karbohidrat tetapi juga protein, yang membantu stabilisasi kadar gula darah setelah peningkatan awal.

7. Madu atau jelly

Satu sendok makan madu atau jelly dapat langsung memberikan glukosa yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: Benarkah Nasi Putih Bisa Sebabkan Diabetes? Ini Kata Studi

8. Permen

Permen dapat memberikan sumber gula cepat yang mudah untuk dikonsumsi dan dibawa kemana saja.

9. Gula larut

Menambahkan satu sendok makan gula ke dalam air dan meminumnya juga merupakan cara efektif untuk meningkatkan gula darah dengan cepat.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan Anda

Makanan yang disebutkan di atas dapat memberikan peningkatan gula darah yang cepat dan efektif. Namun, setelah mengonsumsi makanan untuk peningkatan gula darah, disarankan untuk konsumsi makanan yang mengandung protein atau serat untuk membantu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Itulah cara cepat menaikkan gula darah yang bisa Anda coba. Selalu monitor respons tubuh Anda terhadap makanan yang dikonsumsi dan menyesuaikan porsi atau jenis makanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan, Ada 10 Hal Menarik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News