Santai

Tips dan Trik Lolos Rekrutmen BUMN ala Jobstreet by SEEK

Tips dan Trik Lolos Rekrutmen BUMN ala Jobstreet by SEEK

MOMSMONEY.ID - Bekerja di badan usaha milik negara (BUMN) merupakaan dambaan banyak orang. Nah, Jobstreet by SEEK membagikan tips bagi peserta agar bisa sukses melewati berbagai tahapan seleksi rekrutemen BUMN berikut ini.

Chief Growth Officer Marketplace - Talent, SEEK Asia Chook Yuh Yng mengatakan, sebagai platform yang membantu para pencari kerja, Jobstreet berkomitmen untuk memberikan informasi terbaik guna membantu kandidat mendapatkan pekerjaan impian.

"Jobstreet by SEEK juga menyediakan konten video tutorial dan tips rekrutmen pada KarirKu yang akan sangat berguna bagi para kandidat. Kami sangat menyarankan kepada para kandidat agar mempersiapkan diri untuk hal-hal detail selama proses rekrutmen agar mendapatkan hasil akhir sesuai dengan harapan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4).

Adapun tips dan trik yang bisa Anda terapkan selama proses rekrutmen bersama BUMN dari Jobstreet by SEEK:

1.  Pelajari tentang BUMN serta posisi pekerjaan yang diinginkan

Saat mengikuti proses seleksi BUMN, Anda tidak hanya perlu mempelajari rangkaian tes tertulis, Anda juga harus mempelajari tentang perusahaan BUMN yang diinginkan.

Pahami profil, sejarah, serta perjalanan BUMN tersebut untuk mempersiapkan diri. Selain sebagai informasi pribadi, Anda juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai bidang serta posisi yang Anda inginkan di perusahaan tersebut.

Baca Juga: USD Makin Kekar, Rupiah Terdepak ke Rp 16.260 per dollar AS

2. Pahami contoh soal dan materi rangkaian tes tertulis BUMN

Pada seleksi tahap awal, terdapat beberapa rangkaian tes yang harus dilalui. Karenanya, pelajari secara matang berbagai contoh soal dan materi yang berhubungan dengan tahapan tes yang akan Anda jalani, seperti materi Tes Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN.

Latihan secara online bisa dilakukan di situs Jobstreet by SEEK menggunakan Contoh Soal TKD dan Akhlak BUMN dan juga Kumpulan Tes Bahasa Inggris BUMN. Selain itu, pahami tentang diri Anda sendiri agar bisa menjawab tes akhlak BUMN sesuai dengan karakter Anda.

Anda juga dapat mengasah kemampuan dan belajar menggunakan konten video pembelajaran di aplikasi Jobstreet by SEEK di ponsel melalui fitur KarirKu. Dalam fitur ini, terdapat rangkaian video singkat dengan topik seputar rekrutmen bersama BUMN yang bisa dipelajari.

3. Mempersiapkan diri dengan matang untuk tahap wawancara dan jaga kesehatan untuk tahap medical check-up

Jika sudah lolos melalui rangkaian tes tertulis, maka Anda akan mengikuti tahap wawancara. Persiapkan diri dengan matang dengan melakukan mock-up interview dengan percaya diri. Pastikan Anda juga menggunakan pakaian yang rapi dan formal saat sesi wawancara.

Setelah lolos seleksi wawancara, maka Anda harus melakukan medical check-up (MCU) di rumah sakit. Selalu jaga kesehatan Anda  dalam kondisi prima untuk hasil yang maksimal.

4. Berhubungan dengan komunitas dan ahli

Bukan hanya itu, sebaiknya Anda bergabung dengan komunitas pencari kerja, juga ikuti seminar ataupun pelatihan yang berkaitan dengan persiapan rekrutmen BUMN untuk mendapatkan tips tambahan dari para ahli.

Komunitas Jobstreet di dalam fitur KarirKu juga dapat dimanfaatkan untuk berdiskusi dan mendapatkan informasi mengenai kehidupan Anda, termasuk seputar proses rekrutmen bersama BUMN.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya akan meliputi tes online 1, tes online 2, serta tes seleksi di BUMN. Setiap tahap seleksi akan diumumkan hasilnya melalui laman resmi rekrutmen BUMN.

Pengumuman hasil seleksi administrasi menjadi momen penting, karena hal tersebut akan menentukan apakah mereka akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Meskipun tanggal pasti pengumuman belum diumumkan, kemungkinan besar pengumuman akan dilakukan sebelum tahapan tes online 1, yang dijadwalkan pada 27 April-4 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News