Santai

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Kemenkes Gandeng Google Cloud

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Kemenkes Gandeng Google Cloud

MOMSMONEY.ID - Dukung kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan, Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan Google Cloud untuk mendukung pengembangan inovasi AI generatif (gen AI). Kerjasama ini untuk meningkatkan layanan kesehatan.

Kolaborasi kedua organisasi yang dimulai pada 2022, Google Cloud telah menciptakan lingkungan yang aman dan terjamin untuk menguji inovasi gen AI tingkat perusahaan dan yang disesuaikan secara medis.

Ini memungkinkan inovasi tersebut disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap layanan kesehatan.

Setiaji, Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan, mengatakan, Kementerian Kesehatan berkomitmen untuk membuat informasi layanan kesehatan dapat diakses oleh setiap individu.

Lalu, menyederhanakan sistem bagi profesional kesehatan sehingga mereka dapat fokus pada perawatan pasien, dan memperkuat ekosistem layanan kesehatan melalui inovasi yang bertanggung jawab.

"Selagi kami berupaya memajukan adopsi AI, keseimbangan antara inovasi dan pertimbangan etis sangat penting untuk kesuksesan," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (10/5).

Baca Juga: Komnas KIPI: Tidak Ada Efek Samping TTS Akibat Vaksin AstraZeneca di Indonesia

"Dengan mematuhi prinsip dan praktik AI yang bertanggung jawab, kami dapat memastikan bahwa kami memanfaatkan potensi AI sekaligus menjaga kesejahteraan masyarakat," ujar dia.

Setiaji bilang, Kementerian Kesehatan berharap, dapat menjajaki penerapan lebih lanjut dari teknologi ini guna memberdayakan kehidupan yang lebih sehat dan memuaskan di seluruh Indonesia.

Kolaborasi terbaru ini adalah bagian dari tujuan Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan akses, pengalaman, dan hasil layanan kesehatan bagi setiap individu di Indonesia, serta melengkapi upaya berkelanjutan dengan Google Cloud untuk menyempurnakan proses di sektor layanan kesehatan di Indonesia.

Fanly Tanto, Country Director Indonesia Google Cloud, menambahkan, gen AI memiliki potensi besar untuk mentransformasi layanan kesehatan, namun memilih solusi yang tepat sangatlah penting.

Saat Google Cloud menghadirkan kemajuan AI baru pada produk kami, komitmen Google Cloud ada dua. Yaitu, untuk memberikan kemampuan bantuan yang kuat, dan untuk memastikan teknologi kami mencakup perlindungan yang tepat bagi organisasi, penggunanya, dan masyarakat.

"Kolaborasi kami dengan Kementerian Kesehatan sangatlah penting sebagai landasan bagi pertumbuhan solusi gen AI yang aman dan terjamin di sektor layanan kesehatan Indonesia," sebut Fanly.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News