Santai

Siapkan 6 Alat Olahraga Ini untuk Olahraga di Rumah saat Puasa

Siapkan 6 Alat Olahraga Ini untuk Olahraga di Rumah saat Puasa

MOMSMONEY.ID - Agar olahraga saat puasa di rumah jadi makin maksimal, ada beberapa peralatan olahraga rumahan yang sebaiknya dimiliki.

Puasa menjadi waktu di mana banyak orang mulai menggunakan waktu luang untuk berolah raga di rumah.

Olahraga di rumah menjadi pilihan sebab bisa memberikan kenyamanan bagi yang tidak suka olahraga di tempat umum.

Bagi yang ingin nyaman melakukan olahraga di rumah saat puasa, berikut Momsmoney telah merangkum beberapa daftar peralatan olahraga rumahan wajib punya.

Baca Juga: Tak Perlu Ke Gym, 5 Olahraga Ini Bisa Dilakukan di Rumah Saat Puasa

Yoga mat

Yoga mat atau matras yoga adalah salah satu peralatan workout yang juga sebaiknya dimiliki jika ingin memaksimalkan olahraga di rumah.

Tak hanya untuk melakukan olahraga yoga, matras yoga dapat digunakan sebagai alas untuk melakukan gerakan di lantai. Selain itu, matras yoga juga bisa melindungi tubuh dari bersentuhan dengan lantai karena alasnya yang tebal.

Treadmill

Jika punya budget lebih, cobalah untuk membeli treadmill. Treadmill bisa meningkatkan rasio kardio bagi yang punya program menurunkan berat badan.

Selain itu, dengan memiliki treadmill di rumah, Anda tak perlu menyiapkan waktu untuk bersiap diri maupun panas-panasan berlari atau jogging di luar rumah. Jika tak begitu suka olahraga kardio seperti lari di treadmill, alternatif menggunakan sepeda statis bisa dipilih.

Baca Juga: 4 Manfaat Korset Buat Perempuan, Bisa Buat Kurus?

Pull up bar

Bagi yang ingin meningkatkan otot-otot tubuh di bagian atas, alat ini tentu wajib dimiliki, ya. Pull up bar kini bisa ditemukan dengan mudah di online shop. Cara menggunakannya pun juga mudah.

Cukup dengan memasang perlengkapan dan bar di antara tembok rumah atau pintu. Maka siapa pun bisa melakukan olahraga pull up dengan nyaman di rumah.

Dumbbell

Peralatan workout yang satu ini sebaiknya menjadi peralatan wajib yang harus dimiliki bagi pecinta olahraga angkat beban. Berlatih dengan alat dumbbell di rumah bisa membantu untuk memaksimalkan beberapa gerakan olahraga.

Sebaiknya, jika ingin membeli dumbbell, belilah dengan berat minimal 3 kilo. Lalu, hindari membeli dumbbell dengan ukuran 1-2 kilo karena masih bisa digantikan dengan peralatan rumah lainnya.

Baca Juga: 4 Olahraga Ringan Saat Ramadan Bagi Perempuan Agar Tetap Fit

Kettlebell

Peralatan workout selanjutnya yang dapat dijadikan alternatif untuk olahraga di rumah adalah kettlebell. Alat yang satu ini juga memiliki fungsi yang sama dengan dumbbell.

Namun, biasanya kettlebell memiliki beban yang lebih berat dan lebih terasa dibanding dumbbell. Selain itu, alat ini juga lebih nyaman dan banyak digunakan para wanita untuk melakukan beberapa gerakan yang lebih fleksibel dan lebih terasa dibanding menggunakan dumbbell.

Resistance band

Alat yang satu ini juga bisa digunakan sebagai pembantu dalam melakukan gerakan workout pemanasan dan juga gerakan utama. Pastikan juga untuk memilih resistance band dengan ukuran yang sesuai dengan kenyamanan.

Resistance band berfungsi untuk memaksimalkan gerakan tanpa perlu menggunakan beban lagi. Tapi, yang perlu diperhatikan, pastikan untuk membeli resistance band yang memiliki ketebalan pas sehingga tidak mudah putus saat digunakan untuk melakukan gerakan.

Dijamin hasilnya makin maksimal, itulah tadi beberapa peralatan olahraga rumahan yang wajib dimiliki jika ingin nyaman olahraga di rumah saat puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News