Bugar

Segar dan Aman Dikonsumsi, Ini Pilihan Jus yang Baik untuk Asam Lambung

Segar dan Aman Dikonsumsi, Ini Pilihan Jus yang Baik untuk Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Jus yang baik untuk asam lambung ada apa saja, sih? Cek daftarnya di sini, yuk.

Mengidap masalah asam lambung bisa sangat mengganggu, terutama tentang pemilihan makanan dan minuman. Jus misalnya, seringkali jadi minuman pantangan karena buah tertentu yang menjadi bahan dasarnya.  

Namun, ada beberapa jenis jus yang tidak hanya aman tetapi juga dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, lo.

Berikut adalah beberapa pilihan jus yang baik untuk asam lambung, merangkum dari laman Medical News Today dan Hello Sehat:

1. Jus Wortel

Dikenal karena tinggi serat, jus wortel dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Wortel juga mengandung vitamin B6, yang berperan dalam menetralkan asam lambung, membuatnya menjadi pilihan yang tepat saat gejala asam lambung muncul.

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Daftar Jus yang Tidak Boleh untuk Asam Lambung

2. Jus Pir

Pir adalah buah dengan kandungan asam rendah, menjadikannya ramah untuk lambung. Jus pir mengandung kalium yang bersifat alkaline, membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala.

3. Jus Semangka

Semangka adalah buah yang mengandung banyak air, yang berguna untuk mengencerkan asam lambung. Sifat alkalis dari semangka juga membantu dalam menetralkan asam, sehingga efektif dalam meredakan gejala asam lambung.

Baca Juga: Posisi Tidur yang Tepat, Cegah Asam Lambung Naik!

4. Jus Pisang

Pisang adalah pilihan yang sangat baik untuk asam lambung karena kaya akan kalium dan memiliki sifat alkalis, yang membantu menetralkan asam di lambung.

Pastikan memilih pisang yang benar-benar matang untuk menghindari asam dari pisang yang belum matang, yang bisa memperparah gejala asam lambung.

5. Jus Bayam

Bayam kaya akan magnesium, mineral penting yang menetralkan asam lambung. Jika Anda kurang menyukai rasa jus bayam, bisa mencampurkannya dengan madu untuk meningkatkan rasanya.

Madu juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan di esofagus yang sering terjadi ketika asam lambung naik.

Baca Juga: Minuman Pereda Asam Lambung yang Efektif, Empas Gejala yang Mengganggu

6. Jus Kurma

Jus kurma atau ekstrak kurma sangat disarankan saat asam lambung naik karena kandungan basa yang mampu menetralkan asam.

Jus ini juga tinggi serat, yang dapat mengurangi produksi asam lambung dan memberikan efek kenyang yang lebih lama, membantu mengurangi keinginan makan berlebih.

7. Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi di esofagus dan perut yang sering terjadi pada penderita asam lambung.

Dengan mengonsumsi jus ini secara rutin, Anda dapat membantu memperkuat lapisan perut dan esofagus, sehingga mengurangi dampak negatif dari asam lambung yang berlebihan.

Itulah beberapa jus yang baik untuk asam lambung yang bisa Anda coba. Dalam memilih jenis jus untuk asam lambung, sangat penting untuk menghindari buah-buahan yang sangat asam seperti jeruk dan tomat.

Selalu pastikan untuk memilih buah dan sayuran yang memiliki pH tinggi atau sifat alkaline. Konsumsi secara teratur dan dalam takaran yang moderat untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Selanjutnya: Harap Berhati-hati, Analis NH Korindo Sekuritas Sarankan Investor Tak Agresif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News