Santai

Sandiaga Uno Sebut Kesetaraan Gender Jadi Isu Penting di Sektor Parekraf

Sandiaga Uno Sebut Kesetaraan Gender Jadi Isu Penting di Sektor Parekraf

MOMSMONEY.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kesetaraan gender merupakan salah satu isu penting yang perlu dikedepankan di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ini lantaran terdapat 54,22% pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia yang merupakan perempuan. Mereka juga disebut masih menghadapi disparitas yang mencolok, terutama dari segi gaji dan kompensasi.

"Kita harus memberi perempuan kesempatan yang sama. Tidak hanya partisipan tapi juga sebagai pemimpin," ujar Sandiaga seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (22/4).

Sandiaga pun berharap, melalui pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali pada 2-4 Mei mendatang, bisa menjadi momentum untuk memperkuat peran perempuan dan kesetaraan gender di sektor parekraf.

Baca Juga: 5 Mitos Seputar Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya, Apa Saja?

Menrutunya,  pertemuan ini nantinya akan menghadirkan pejabat dan tokoh-tokoh perempuan yang berperan besar dalam memajukan industri pariwisata di Indonesia dan di dunia sebagai pembicara. Selain itu, pertemuan ini juga diikuti 200 delegasi dari berbagai negara.

Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani, juga menjelaskan bahwa pelaksanaan pertemuan ini sebagai upaya memenuhi salah satu pilar dari Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu gender equality atau pengarusutamaan kesetaraan gender.

"Dengan penyelenggaraan konferensi di Indonesia ini juga menunjukkan bahwa Indonesia selaku anggota UN Tourism mengambil peran aktifnya di wilayah Asia Pasifik. Karena ini konferensinya adalah regional di wilayah Asia Pasifik dengan anggota 22 negara dan ada juga beberapa pembicara internasional yang diundang dari luar wilayah Asia Pasifik," kata Giri.

Keterlibatan perempuan di sektor parekraf juga disebut memegang peranan penting terutama dalam hal inovasi dan kreativitas. Sehingga, perekonomian dapat diuntungkan melalui penggunaan lebih baik dari talenta yang tersedia yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas dan probabilitas di sektor pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News