Bugar

Salah Satunya Turunkan Kolesterol, Inilah Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Salah Satunya Turunkan Kolesterol, Inilah Manfaat Tomat untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Tomat merupakan salah satu buah yang sangat populer dan sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Dikenal tidak hanya karena serbaguna dan rasa yang lezat, tetapi juga karena manfaat kesehatan. Apa saja manfaat tomat untuk kesehatan?

Tomat mengandung berbagai nutrisi penting yang mendukung kesehatan tubuh, menjadikannya pilihan yang baik untuk dimasukkan dalam diet sehari-hari. Momsmoney akan mengulas lebih dalam terkait kandungan nutrisi dan manfaat tomat untuk kesehatan. Mari simak selengkapnya!

Kandungan Nutrisi Tomat

Sebuah tomat mentah berukuran sedang mengandung nutrisi seperti:

  • 23 kalori.
  • 5 gram karbohidrat.
  • 1 gram protein.
  • Kurang dari 1 gram lemak.
  • 1,5 gram serat.
  • 17 miligram vitamin C.
  • 10 mikrogram vitamin K.
  • 296 miligram kalium.
  • 19 mikrogram folat.

Baca Juga: Leher Belakang Sakit Apakah Kolesterol? Cek Jawabannya di Sini

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

Melansir dari Cleveland Clinic, di bawah ini adalah beberapa manfaat tomat untuk kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tomat yang kaya akan likopen berkontribusi pada pengurangan risiko penyakit jantung dan kolesterol. Sebuah tinjauan dari 25 studi terdahulu menunjukkan bahwa kadar likopen yang tinggi di darah menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 14%.

Penting untuk dicatat bahwa cara tomat diproses bisa mempengaruhi manfaat kesehatannya. Dalam tinjauan yang sama, ditemukan bahwa:

  • Tomat mentah
  • Saus tomat
  • Saus tomat dengan minyak zaitun

Ketiganya menurunkan kolesterol dan peradangan, namun konsumsi saus tomat dengan minyak zaitun memberikan manfaat terbesar untuk kesehatan jantung. Minyak zaitun meningkatkan penyerapan likopen oleh tubuh.

Tomat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Dalam sebuah studi kecil, 15 orang minum jus tomat secara teratur selama dua bulan. Hasilnya, mereka menunjukkan penurunan kolesterol LDL dan peningkatan kolesterol HDL.

Baca Juga: Ampuh Bikin BB Cepat Turun, Konsumsi Jus yang Cocok untuk Diet Ini

2. Mengurangi Risiko Kanker

Studi-studi menunjukkan bahwa konsumsi tomat yang tinggi berhubungan dengan risiko lebih rendah terhadap kanker paru-paru, prostat, dan lambung. Likopen dan beta-karoten dalam tomat, yang merupakan antioksidan, diketahui memiliki properti antikanker.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meskipun ada perdebatan mengenai efek vitamin C dalam mencegah pilek, vitamin ini terbukti penting untuk mendukung fungsi sistem imun yang optimal. Satu cangkir jus tomat menyediakan sekitar 45 miligram vitamin C, yang merupakan 75% dari kebutuhan harian orang dewasa.

Baca Juga: 10 Ramuan Diet Alami untuk Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Mudah Dibuat Lo

4. Meningkatkan Motilitas Sperma

Studi menunjukkan bahwa tomat dapat meningkatkan motilitas sperma, yang merupakan indikator penting dari kesuburan. Dalam satu studi kecil, pria yang minum jus tomat setiap hari selama 12 minggu menunjukkan peningkatan motilitas sperma.

5. Perlindungan dari Sinar Matahari

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi tomat bisa melindungi kulit dari sengatan matahari. Orang yang mengonsumsi pasta tomat dengan minyak zaitun setiap hari selama 10 minggu mengalami sengatan matahari 40% lebih sedikit.

Likopen dalam tomat diduga memberikan perlindungan ini terhadap radiasi UV.

Baca Juga: Bikin Tidak Percaya Diri, Terapkan Cara Mengecilkan Perut Buncit Berikut yuk

Secara keseluruhan, tomat menawarkan berbagai manfaat kesehatan dari mengurangi risiko penyakit serius seperti jantung dan kanker, hingga melindungi kulit dari kerusakan UV, menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk diet sehat.

Demikianlah ulasan terkait kandungan nutrisi dan manfaat tomat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News