Santai

Penumpang Pesawat di Bandara AP II Diperkirakan Tembus 1 Juta Selama Long Weekend

Penumpang Pesawat di Bandara AP II Diperkirakan Tembus 1 Juta Selama Long Weekend

MOMSMONEY.ID - Masa libur panjang akhir pekan yang jatuh pada 9-12 Mei 2024 ini memang jadi kesempatan untuk berpergian. Pada periode ini pun jumlah penumpang di 20 bandara yang dikelola Bandara PT Angkasa Pura II diproyeksikan mencapai 1 juta orang.

“Jumlah penumpang di 20 bandara AP II pada long weekend 9-12 Mei diperkirakan mencapai 1 juta orang, di mana jumlah penumpang ini naik 15% dibandingkan dengan hari normal,” ujar Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro dalam keterangan tertulis, Kamis (9/5).

Sementara itu, jumlah penerbangan diproyeksikan sebanyak 6.823 penerbangan,

Khusus Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia, jumlah penumpang pesawat diperkirakan menyentuh 643.841 orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 4.096 penerbangan.

Cin Asmoro pun seluruh bandara AP II memastikan ketersediaan slot time (ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan di bandara) guna mengakomodir permintaan penerbangan.

Baca Juga: Sudah Kelar Mengurus Perceraian? Jangan Lupa Urus Pula Asuransi Anda

Dia mengatakan AP II telah berkoordinasi dengan stakeholder lainnya khususnya maskapai agar layanan penerbangan pada long weekend 9-12 Mei dapat berjalan dengan baik.

“Apabila dinilai perlu, kapasitas kursi penerbangan dapat selalu ditingkatkan melalui penerbangan tambahan (extra flight) yang dioperasikan maskapai, dan AP II memastikan ketersediaan slot time (ketersediaan waktu keberangkatan dan kedatangan penerbangan di bandara),” tambahnya.

Cin Asmoro juga menuturkan pada periode sibuk ini seluruh bandara AP II tetap fokus pada sejumlah ttitik penting untuk memastikan terjaganya aspek pelayanan, keamanan dan keselamatan. 

“Fasilitas di sisi udara (air side) dan sisi darat (land side) dipastikan siap. Begitu juga dengan kecukupan personel di seluruh bandara,” kata Cin Asmoro. 

Bandara-bandara AP II juga telah melakukan sejumlah penataan interior terminal penumpang pesawat guna meningkatkan pelayanan.

Adapun, 20 bandara yang dikelola AP II yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung).

Selanjutnya, Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangka Raya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News