Bugar

Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

MOMSMONEY.ID - Tidak banyak yang tahu tentang manfaat buah kesemek untuk asam lambung. Selain itu, buah satu ini juga rupanya memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan lainnya yang luar biasa, lo.

Konsumsi buah yang segar dan sehat, tentu dianjurkan bagi siapapun, termasuk penderita asam lambung. Salah satu buah yang bisa dicoba adalah kesemek.

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan mengulas lebih dalam terkait manfaat buah kesemek untuk asam lambung dan manfaat kesehatan lainnya. Simak dengan seksama, ya.

Baca Juga: Sehatkan Badan, Ini 12 Khasiat Kencur untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat buah kesemek untuk asam lambung

Asam lambung yang meningkat bisa menyebabkan refluks ke esofagus. Melansir dari laman Nutriflakes, buah kesemek efektif dalam mengurangi produksi asam lambung berkat kandungan protein, kalsium, kalium, dan zat besi yang dimilikinya.

Salah satu keunggulan buah kesemek adalah kemampuannya untuk meredakan peradangan. Lapisan putih pada kulit buah mengandung tanin dan zat anti-inflamasi, yang dapat mengurangi peradangan pada lambung yang disebabkan oleh asam lambung berlebih.

Kesemek yang kaya akan air dan serat mendukung sistem pencernaan yang sehat dan lancar. Pencernaan yang efisien mengurangi risiko gangguan akibat asam lambung, menjadikan kesemek pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Tanin yang terkandung dalam kesemek berperan dalam melindungi dan memperbaiki lapisan lambung yang teriritasi atau rusak oleh asam lambung. Ini membantu mencegah kerusakan lebih lanjut dan mempercepat proses penyembuhan.

Baca Juga: Bebas Kafein, Ini Pilihan Teh Terbaik untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan lainnya

Tak hanya untuk asam lambung, berikut ini ada beberapa manfaat buah kesemek untuk kesehatan lainnya, melansir dari laman Hello Sehat:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Kesemek adalah sumber serat alami yang baik, yang mendukung kesehatan pencernaan. Serat merangsang gerakan peristaltik usus, membantu memadatkan tinja, meningkatkan sekresi cairan lambung, dan mengurangi gejala sembelit serta diare.

Mengonsumsi makanan tinggi serat juga dapat melindungi dari risiko gangguan pencernaan, termasuk kanker kolorektal.

2. Menjaga kesehatan jantung

Flavonoid dalam kesemek, seperti quercetin dan kaempferol, telah terbukti memberikan manfaat kardiovaskular.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi tinggi flavonoid dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: Apakah Kunyit Bisa Mengobati Asam Lambung? Cek Faktanya

3. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Kesemek kaya akan antioksidan, yang berfungsi melawan kerusakan sel dengan menetralkan radikal bebas. Menurut penelitian di Experimental and Clinical Sciences Journal, antioksidan seperti karotenoid dan katekin dalam kesemek berfungsi sebagai agen antikanker yang efektif.

Selain itu, kesemek juga mengandung vitamin C, vitamin A, beta karoten, dan flavonoid, yang semuanya diketahui menurunkan risiko berbagai jenis kanker dan penyakit jantung.

4. Mengurangi peradangan

Kesemek memiliki komponen antiradang yang membantu meredakan peradangan di dalam tubuh. Kandungan antioksidannya, termasuk vitamin C, membantu menetralkan protein C-reaktif dan interleukin-6, protein yang sering kali diproduksi saat terjadi peradangan.

Kandungan karotenoid, flavonoid, dan vitamin E dalam kesemek juga berkontribusi dalam melawan peradangan.

5. Melawan penuaan dini

Kesemek kaya akan vitamin dan antioksidan yang berperan dalam melawan radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthin adalah beberapa senyawa penting yang membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan bintik-bintik coklat di wajah.

Baca Juga: Jangan Dilewatkan, Intip Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung dan Daun Lainnya

6. Menjaga kesehatan mata

Kesemek menyediakan sekitar 55% kebutuhan harian vitamin A, yang esensial untuk kesehatan mata. Vitamin A penting dalam pembentukan rhodopsin, protein yang diperlukan untuk penglihatan.

Vitamin ini juga mendukung kesehatan konjungtiva dan kornea mata. Selain itu, lutein dan zeaxanthin dalam kesemek dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Asam askorbat dalam kesemek dapat memenuhi sekitar 80% dari kebutuhan harian vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang melindungi tubuh dari infeksi.

Mengonsumsi kesemek secara teratur dapat membantu menghindari masalah kesehatan umum seperti batuk, pilek, dan flu.

Demikianlah pembahasan terkait manfaat buah kesemek untuk asam lambung dan manfaat kesehatan lainnya. Sebelum mengonsumsinya, Anda tetap disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Kontribusi Pembiayaan Kendaraan Listrik WOM Finance Per April 2024 Masih Minim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News