InvesYuk

Kenaikan Harga Emas Spot Berlanjut, Ditaksir Akhir Tahun Dekati US$ 2.500

Kenaikan Harga Emas Spot Berlanjut, Ditaksir Akhir Tahun Dekati US$ 2.500

MOMSMONEY.ID - Kenaikan harga emas dunia berlanjut pada perdagangan hari ini. Data ekonomi teranyar di AS yang mendukung kemungkinan bank sentral mulai melonggarkan kebijakan moneternya tahun ini, telah menggiring Logam mulia naik ke level tertinggi dalam tiga minggu.

Mengutip Bloomberg, Jumat (10/5) pukul 13.16 WIB, harga emas spot diperdagangkan di US$ 2.360,56 per troi ons, naik 0,6% dari penutupan sesi Kamis. Kemarin, harganya naik tajam 1,62% dalam sehari.

Angka klaim pengangguran awal AS yang dirilis pada Kamis, menunjukkan kenaikan ke tingkat tertinggi sejak Agustus. Ini menambah sinyal bahwa pasar tenaga kerja di negara Uncle Sam sedang melemah. Sebelumnya, Federal Reserves menyebutkan bahwa mengendalikan inflasi sangat penting sebelum dapat menerapkan penurunan suku bunga. Nah, suku bunga rendah biasanya menguntungkan bagi emas, yang tidak menghasilkan bunga.

Selama beberapa minggu terakhir harga emas sempat diperdagangkan dalam kisaran sempit. Para pedagang mempertimbangkan prospek kebijakan moneter AS dan ketegangan di Timur Tengah, yang meningkatkan daya tarik logam mulia sebagai aset safe haven. Meski harganya telah turun dari rekor tertinggi pertengahan April lalu, namun harga emas masih naik sekitar 14% pada tahun ini. 

Baca Juga: Beli Emas Perhiasan Bukan Investasi, Perhatikan Penjelasan Berikut

ANZ Group Holding Ltd. memperkirakan harga emas akan naik mendekati US$ 2.500 per troi ons pada akhir tahun ini, sebagian didukung permintaan yang kuat dari China.

 "Latar belakang makro China dan hubungan geopolitiknya dengan pasar negara maju, menunjukkan permintaan emas akan tetap kuat," kata Soni Kumari dan Daniel Hynes, analis ANZ Group dalam catatan, melansir Bloomberg, hari ini (10/5). 

Permintaan emas yang kuat di China bertentangan dengan sensitivitas historis terhadap tingginya harga. Penyerapan di semua sektor, baik investasi, bank sentral hingga konsumen ritel, semuanya lebih dari perkiraan.

Di dalam negeri, harga emas fisik besutan PT Antam mengekor naik signifikan.  Mengutip logammulia.com, hari ini (10/5), harga emas Antam pecahan 1 gram dibanderol Rp 1,326 juta, naik Rp 20.000 dalam sehari.

Dus, harga beli kembali alias buyback emas Antam ikut naik Rp 20.000 menjadi Rp 1,218 juta per gram. Ini acuan harga apabila Anda menjual emas Antam pada hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News