Santai

Intip Cara Melihat Siapa yang Tidak Menyukai Video YouTube Anda

Intip Cara Melihat Siapa yang Tidak Menyukai Video YouTube Anda

MOMSMONEY.ID - Saat ini tombol tidak suka atau dislike di YouTube disembunyikan. Ya, Anda tidak bisa mengetahui berapa jumlah penonton yang tidak menyukai video tersebut. 

Namun tak perlu khawatir, terdapat cara melihat siapa yang tidak menyukai video YouTube. 

Ya, Anda tidak dapat menemukan orang yang tidak menyukai video Anda. Namun, platform ini menyediakan metrik tidak suka tertentu untuk membantu Anda menganalisis kinerja konten Anda. 

Ada beberapa alasan di balik YouTube mematikan tombol tidak suka di video. Pertama, hal ini bertujuan untuk memberikan ruang positif bagi pembuat konten untuk berkembang tanpa berkecil hati karena tidak suka. 

Baca Juga: Cara Kirim Foto dan Video Sekali Lihat di WhatsApp Web & Desktop, Yuk Cobain

Kedua, hal ini mencegah kampanye tidak suka mendapatkan daya tarik, di mana beberapa orang mungkin dengan jahat menargetkan pembuat konten kecil untuk tidak menyukai konten mereka.  

Terakhir, ketika jumlah tidak suka pada suatu video terlihat, penonton mungkin akan membentuk opini negatif bahkan sebelum menonton video tersebut. 

Menyembunyikannya akan memaksa pemirsa untuk menonton video dan membentuk opini jujur ​​untuk memberikan kritik yang membangun kepada pembuatnya melalui komentar.

Nah, berikut ini terdapat cara melihat jumlah dislike pada video Youtube.

1. Analisis Saluran

Cara mudah untuk melihat jumlah tidak suka pada video yang Anda upload adalah melalui analisis saluran di YouTube Studio. Dari sini, Anda dapat mengaktifkan metrik tidak suka untuk melihat semua informasi terkait. 

Ini mencakup jumlah tidak suka dan representasi visualnya melalui grafik yang diplot terhadap waktu.

Baca Juga: Cara Download Video YouTube Shorts Tanpa Watermark, Ikuti Langkahnya

2. Memanfaatkan Rasio Suka-Tidak Suka

Rasio suka-tidak suka YouTube adalah cara terbaik untuk mengukur kinerja video Anda. Ini menampilkan persentase suka pada video setelah membagi total suka dengan tidak suka yang diterima. Saat Anda mengarahkan kursor mouse ke persentase ini, Anda dapat melihat jumlah tidak suka pada video yang diunggah.

Caranya :

- Buka YouTube Studio dengan masuk dengan akun Anda.

- Klik Konten di sidebar kiri dan perhatikan kolom Suka (vs. tidak suka) di sebelah kanan.

- Arahkan kursor mouse ke persentase suka pada video untuk melihat jumlah tidak suka pada video tersebut.

Baca Juga: Cara Berbagi Video Youtube Pribadi, Bisa Ditonton Orang Tertentu

3. Perhatikan Komentar

Komentar dapat membantu Anda mengukur penerimaan video Anda secara keseluruhan. Membacanya dapat mengungkapkan siapa yang menyukai atau tidak menyukai konten Anda. 

Namun, hal ini mungkin tidak selalu membantu, karena pemirsa mungkin tidak menyukai video Anda tanpa meninggalkan komentar buruk.

4. Aktifkan Kembali Penghitung Tidak Suka

Jika Anda lebih suka melihat jumlah tidak suka pada video YouTube seperti sebelumnya, Anda dapat memasang ekstensi browser di PC Anda atau menggunakan aplikasi pihak ketiga di Android atau iPhone.

Ekstensi Return YouTube Dislike adalah add-on populer yang kompatibel dengan sebagian besar browser web seperti Google Chrome, Microsoft Edge, Brave, dll., yang dapat mengaktifkan kembali penghitung tidak suka di bawah video YouTube. 

Demikian pula, Return YouTube Dislike dan Dislike untuk YouTube-Checker adalah aplikasi populer di Android dan iPhone untuk melihat nomor tidak suka suatu video.

Jadi begitulah beberapa cara melihat siapa yang tidak menyukai video YouTube Anda. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News