Bugar

Ini yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia Aplastik, Banyak Menyerang Usia Produktif

Ini yang Menjadi Penyebab Penyakit Anemia Aplastik, Banyak Menyerang Usia Produktif

MOMSMONEY.ID - Penyakit misterius, anemia aplastik ternyata disebabkan oleh beberapa faktor. Penyakit ini disebut-sebut paling banyak menyerang usia produktif.

Michael Yang, seorang dokter spesialis penyakit dalam di RS Mentari Tangerang mengatakan bahwa anemia aplastik bisa disebabkan oleh faktor genetik hingga lingkungan.

"Ada yang bersifat genetik, ada pula yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti paparan radiasi, infeksi virus, autoimun atau bahan kimia tertentu(logam berat)," kata Michael.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Begini Gejala dari Anemia Aplastik yang Kerap Diremehkan

Micahel menambahkan bahwa penyebab lainnya juga dikarenakan obat-obatan seperti antibiotik tertentu dan anti kejang yang tampaknya tidak berbahaya pun bisa menjadi biang keladi penyakit ini.

Ia juga memaparkan bahwa ada fakta baru dari anemia aplastik. "Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anemia aplastik tidak hanya menyerang secara acak," kata Michael.

Artinya, ada pola tertentu yang mulai terlihat, seperti kaitannya dengan paparan bahan kimia.

Di Indonesia, sebuah studi di RSUP Sanglah menemukan bahwa wanita dan pria di usia produktif (25-64 tahun) adalah yang paling banyak terkena penyakit ini.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News