Santai

Ini Tips Mudik Lebaran Saat Cuaca Ekstrem Ala Roojai

Ini Tips Mudik Lebaran Saat Cuaca Ekstrem Ala Roojai

MOMSMONEY.ID - Tahun ini, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 hingga 8 April. Di samping itu, BMKG pun sudah mengimbau pemudik agar berhati-hati selama melakukan perjalanan mengingat adanya potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia selama periode lebaran.

Adapun, Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia, memberikan sejumlah tips agar mudik lebaran tetap aman dan nyaman saat cuaca ekstrem.

  • Menjaga kesehatan sebelum dan saat mudik

Sebaiknya Anda menjaga dan memeriksa kesehatan tubuh sebelum pergi mudik. Jika terdapat penyakit tertentu yang, maka teratur mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter. Kenali pula gejala awal yang bisa diketahui untuk mencegah terjadinya perburukan kondisi.

Untuk itu, pastikan Anda membawa perlengkapan kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin dalam perjalanan mudik.

  • Mempersiapkan fisik dan mental pemudik

Pemudik harus mempersiapkan mental dan fisiknya agar siap menghadapi perjalanan yang bisa menguras energi.

Selain cukup istirahat, pemenuhan makanan bergizi yang baik dan cukup asupan vitamin bisa membantu mewujudkannya, terutama untuk pengemudi yang bertugas membawa kendaraan pribadi.

Baca Juga: Bertema Mudik, Carro Rilis Film Siapa Siti?

Bila kondisi sedang tidak prima atau mengantuk , pastikan untuk tidak memaksakan diri atau berhenti sejenak. Karenanya, istirahat cukup sebelum melakukan perjalanan akan membantu menjaga kondisi Anda tetap fit. Jika sudah merasa lelah, luangkan waktu sejenak beristirahat dengan melakukan
peregangan.

  • Memeriksa kondisi mbil

Anda perlu memastikan kondisi mobil aman bila ingin melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi.

Untuk melakukan pengecekan, lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban, sistem kelistrikan, air radiator, kaki-kaki mobil, dan peralatan untuk berjaga-jaga seperti dongkrak, obeng dan tang.

Tak hanya memastikan pengecekan mobil secara berkala saja, service insidental di bagian tertentu seperti body atau bumper juga penting untuk dilakukan.

  • Memproteksi kendaraan dengan asuransi

Memastikan keselamatan dan keamanan selama perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi perlu dilakukan. Ini pun bisa dilakukan dengan memberikan proteksi kendaraan dengan asuransi mobil.

Asuransi mobil dapat menanggung biaya perbaikan dari berbagai risiko tak terduga yang terjadi saat sedang berkendara. Mulai dari kerusakan hingga kehilangan. Berbagai manfaat tersebut pun bisa didapatkan lewat asuransi mobil All Risk yang ditawarkan oleh Roojai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News