Santai

Ini Sejarah Singkat Rotten Tomatoes Hingga Jadi Parameter Film Paling Berpengaruh

Ini Sejarah Singkat Rotten Tomatoes Hingga Jadi Parameter Film Paling Berpengaruh

MOMSMONEY.ID - Penggemar film pastinya sudah tidak asing lagi dengan website Rotten Tomatoes, kan?

Website yang satu ini bisa dibilang menjadi salah satu parameter tepercaya penilaian sebuah film.

Mengutip Wikipedia, Rotten Tomatoes merupakan sebuah situs web yang menyediakan informasi tentang dilm-film di seluruh dunia.

Melalui website-nya pun, Rotten Tomatoes juga memberikan informasi lengkap sebuah film mengenai siapa saja yang terlibat dalam pembuatan film tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Tentang Olahraga Lari buat Motivasi Para Pelari

Dalam sejarahnya, situs web ini diluncurkan oleh Senh Duong pada tanggal 12 Agustus 1998.

Ia terinspirasi membuat situs web ini karena berawal dari kegemarannya untuk mengumpulkan ulasan mengenai film idolanya yaitu Jackie Chan.

Hingga kini, Rotten Tomatoes dikenal punya penilaian yang unik tentang penilaian terhadap film-film yang tayang di seluruh dunia.

Ulasan yang telah dikumpulkan oleh staf website akan dikumpulkan menjadi satu dan kemudian bisa ditampilkan di Rotten Tomatoes.

Pengulas yang turut serta dalam penilaian di web Rotten Tomatoes juga bukan sembarangan. Kebanyakan adalah orang-orang yang tergabung dalam asosiasi kritikus film dan penulis bersertifikat.

Baca Juga: Simak 4 Rekomendasi Film Kategori F-Rated, Populer Semua

Nantinya, ulasan dari para ahli tersebut akan di unggah dalam website ini untuk mengumpulkan jumlah “suka” dari pengguna.

Setelah terkumpul, film tersebut akan diberikan ranking berdasarkan jenis tomat yang didapatkan sebagai indikator penilaiannya.

Ada tiga jenis penilaian tomat yang dipakai yaitu Certified Fresh, Fresh, dan Rotten.

Certified Fresh adalah film film yang mendapatkan ulasan dan skor 70-100% dari para kritikus dan staf tim penilai ulasan dari Rotten Tomatoes.

Film film yang ada pada peringkat ini merupakan film yang mendapatkan penilaian berkualitas dan telah ditinjau oleh setidaknya 80 kritik.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Bertema Persahabatan dari Tahun 90-an sampai 2000-an

Film atau serial tv dengan skor 60-100% akan mendapatkan rating Fresh. Yang menandakan bahwa film atau serial TV ini memiliki kualitas rata-rata sedang.

Sedangkan untuk peringkat 0-59% akan mendapatkan rating Rotten atau busuk. Yang menandakan film atau serial tv tersebut tidak memiliki kualitas yang bagus.

Penilaian dari website Rotten Tomatoes kini menjadi pertimbangan dan memiliki pengaruh besar bagi perkembangan film terutama film Hollywood.

Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia bahwa website Rotten Tomatoes memiliki pengaruh yang besar pada orang dengan usia 25 dan yang lebih muda untuk menyaksikan sebuah film.

Nah, jadi makin tahu, kan apa itu website Rotten Tomatoes dan sistemnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News