InvesYuk

Ingin Berinvestasi, Ini Jenis Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Ingin Berinvestasi, Ini Jenis Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

MOMSMONEY.ID - Investasi tentu bukan hal yang baru bagi Moms. Saat ini banyak pilihan instrumen investasi yang bisa dipilih, dengan keuntungan dan risiko masing-masing.

Meski begitu, Charles Budiman, Chief Digital Officer Maybank Indonesia mengingatkan, untuk menentukan instrumen investasi yang tepat sebaiknya Anda mengenal dan memahami karakter diri sendiri.

"Siapa saja bisa ikut dalam berinvestasi, namun kenali gaya dan preferensi pribadi untuk memilih instrumen investasi yang cocok dengan tujuan di masa mendatang. Dengan membiasakan diri berinvestasi, kita selangkah lebih dekat lagi untuk mewujudkan harapan dan impian," ujar Charles dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4).

Nah berikut ini tipe karakter dan jenis investasi yang cocok:

1. Si penyuka tantangan

Sebagai investor menyukai tantangan, mereka memiliki semangat tinggi dan suka menjelajahi berbagai instrumen investasi. Oleh karena itu, Reksa Dana (RD) Saham dengan minimal 80% dari portofolio yang dialokasikan ke dalam bentuk saham bisa menjadi salah satu jenis investasi yang cocok.

Dengan potensi keuntungan tinggi, risikonya yang terbilang cukup tinggi juga menarik untuk para investor dengan karakter ini yang dikenal berani mengambil risiko, serta menyukai sensasi dan tantangan dalam berinvestasi.

2. Si pemula

Pemula tentu memiliki pengetahuan yang masih terbatas, karakter ini biasanya lebih memilih menghindari instrumen investasi dengan modal awal besar dan berisiko tinggi. 

Melihat karakternya yang belum memiliki keahlian dalam berinvestasi secara mendalam, Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel) yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia bisa menjadi salah satu tipe investasi yang tepat.

Selain aman karena dijamin oleh negara, investasi ini juga bebas dari risiko gagal bayar karena nilai pokok dan kupon yang juga dijamin oleh Undang-Undang (UU).

Baca Juga: Bangun Kekayaan dari Kekuatan Bunga Berbunga

3. Si pengatur strategi

Karakter ini memiliki kebiasaan untuk menyusun strategi. Karenanya, investor dalam kategori ini akan menentukan instrumen investasi berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya. Mereka berhati-hati dan teliti dalam mempersiapkan berbagai risiko.

Pilihan investasi yang cocok untuk karakter ini bisa dalam bentuk reksa dana. Tak hanya pengelolaan dananya yang juga dibantu oleh manajer investasi profesional, reksa dana turut menawarkan fleksibilitas, sehingga memungkinkan untuk mengatur modal investasi sesuai dengan strategi dan kemampuan.

4. Si protektor

Karakter protektor biasanya lebih memilih untuk menghindari risiko dan tetap aman dalam berinvestasi. Bagi karakter ini, jenis investasi seperti deposito cocok menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk melindungi nilai aset.

Dengan suku bunga yang lebih kompetitif dibandingkan tabungan biasa, serta dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), deposito menjadi pilihan yang relatif lebih aman dan minim risiko.

Selain itu, deposito juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dimana semakin besar dana yang dimasukkan dalam jangka waktu lebih panjang akan memberikan hasil keuntungan yang lebih maksimal di masa mendatang.

5. Si pengamat

Sebagai pengamat, karakter ini tidak langsung cepat mengambil keputusan, melainkan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melihat dan mengamati perkembangan sebelum akhirnya terjun berinvestasi.

Bagi mereka yang masuk ke dalam kategori ini, investasi dalam bentuk emas bisa menjadi salah satu opsi karena menawarkan nilai yang stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Dengan adanya tabungan emas digital, kini masyarakat dapat berinvestasi emas lewat layanan digital banking yang juga memungkinkan untuk memantau pergerakan harga jual dan beli emas melalui informasi secara real-time.

Meski begitu, keputusan dalam menentukan tipe investasi pun bisa berubah seiring perjalanan usia dan tahapan kehidupan yang mempengaruhi profil risiko seseorang, sehingga tidak dapat dipastikan jatuh ke dalam tipe karakter tertentu saja.

Maybank Indonesia juga menghadirkan layanan mobile banking, M2U ID App untuk memudahkan masyarakat dalam berinvestasi. Terdapat beberapa fitur di M2U ID App yang bisa memenuhi kebutuhan finansial nasabah dengan berbagai kararkter dan profil risiko .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News