Bugar

Hati-hati, Inilah Jenis Pisang yang Tidak Boleh untuk Penderita Asam Lambung

Hati-hati, Inilah Jenis Pisang yang Tidak Boleh untuk Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Bagi penderita asam lambung, tidak semua jenis pisang cocok untuk dikonsumsi. Penting bagi mereka untuk mengetahui jenis pisang yang tidak boleh untuk penderita asam lambung.

Pisang pada dasarnya adalah buah yang bersifat alkalin dan sering direkomendasikan sebagai bagian dari diet bagi penderita asam lambung. Akan tetapi, ada beberapa jenis pisang yang dapat menyebabkan masalah pada beberapa orang dengan kondisi asam lambung, terutama pisang yang belum matang atau yang masih hijau.

Melansir dari laman Nutriflakes, berikut ini adalah jenis pisang yang tidak boleh untuk penderita asam lambung:

1. Pisang Mentah

Kondisi kematangan pisang juga berperan penting dalam pengaruhnya terhadap asam lambung. Pisang yang masih hijau atau mentah biasanya lebih asam daripada yang sudah matang.

Oleh karena itu, menghindari konsumsi pisang yang belum matang dapat membantu mencegah memburuknya masalah asam lambung.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Apa? Ini 12 Daftar Pantangannya!

2. Pisang Raja

Pisang Raja dikenal dengan rasa manis dan tekstur yang lezat, namun pisang ini mengandung keasaman yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis pisang lainnya.

Tingkat keasaman yang lebih tinggi ini berpotensi menyebabkan peningkatan gejala refluks asam, termasuk sensasi terbakar di dada.

3. Pisang Cavendish (Pisang Manis)

Pisang Cavendish yang juga dikenal sebagai Pisang Manis adalah jenis pisang yang paling sering ditemui di pasar. Meskipun populer karena rasanya yang manis, kandungan gula yang tinggi dalam pisang ini bisa memicu peningkatan produksi asam lambung pada beberapa orang, sehingga berisiko memperparah masalah asam lambung.

Baca Juga: Mengurangi Peradangan, Intip Khasiat Bengkuang untuk Asam Lambung!

4. Pisang Ambon

Pisang Ambon, terkenal dengan rasanya yang manis dan aroma khasnya, juga memiliki kadar asam yang relatif tinggi. Mengonsumsi Pisang Ambon, terutama yang belum sepenuhnya matang, dapat meningkatkan risiko terjadinya refluks asam lambung.

5. Pisang Barangan

Pisang Barangan sering digunakan untuk pisang goreng dan memiliki kadar gula yang tinggi. Jenis pisang ini mungkin tidak sesuai untuk mereka yang sensitif terhadap asam lambung.

Selain itu, pengolahan pisang ini menjadi pisang goreng yang digoreng dengan minyak dapat lebih lanjut meningkatkan risiko refluks asam.

Baca Juga: Menilik Khasiat Madu untuk Asam Lambung serta Cara Konsumsinya

Nah, itulah beberapa jenis pisang yang tidak boleh untuk penderita asam lambung. Sebaiknya hindari untuk mencegah kekambuhan asam lambung yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News