InvesYuk

Harga Emas Dunia Telah Naik 16%, Emas Antam Hari Ini Rekor Lagi

Harga Emas Dunia Telah Naik 16%, Emas Antam Hari Ini Rekor Lagi

MOMSMONEY.ID - Emas memangkas kenaikan harganya pada penutupan sesi Jumat, setelah permintaan terhadap aset safe haven berkurang. Ini lantaran media Iran tampaknya meremehkan dampak serangan Israel, yang mengindikasikan penurunan risiko geopolitik.

Mengutip data Bloomberg, Jumat (19/4), harga emas spot sempat melompat 1,6%, sebelum ditutup naik 0,54% ke posisi US$ 2.391,93 per troi ons. Meski lebih landai, namun ini menjadi harga penutupan tertinggi sepanjang masa. 

Pada Jumat pagi, Israel dilaporkan menyerang lokasi militer Iran dalam operasi drone skala terbatas. Harga emas sempat melesat 1,6% di tengah kekhawatiran skonflik regional yang lebih luas di Timur Tengah dan mengguncang pasar global.  Namun, tampaknya serangan itu hanya menimbulkan sedikit kerusakan, sehingga minat terhadap safe haven teredam.

Baca Juga: Kelanjutan Serangan Israel ke Iran Jadi Penggerak Harga Emas Spot

Meski begitu, harga emas spot berada di jalur kenaikan mingguan yang kelima berturut-turut. Periode tahun ini berjalan, akumulasi kenaikan harganya telah mencapai 16%.

Laju harga logam mulia terlepas dari fakta bahwa USD dan imbal hasil US treausry telah naik tajam, sementara ekspektasi penurunan suku bunga pada 2024 telah merosot.

"Semakin jelas bahwa reaksi normal telah ditinggalkan pada emas. Emas biasanya naik ketika dollar dan suku bunga melemah, begitu pula sebaliknya," kata Ole Hansen, Kepala strategi komoditas di Saxo Bank AS, melansir Bloomberg, Jumat.

Menurut Hansen, pendorong kenaikan harga emas sebesar 16% pada tahun ini adalah kombinasi risiko geopolitik terkait perang Rusia-Ukraina dan Timur Tengah, permintaan ritel yang kuat di China, pembelian oleh bank sentral, meningkatnya rasio utang terhadap PDB negara-negara besar hingga potensi percepatan kembali laju inflasi.

Baca Juga: USD Makin Kekar, Rupiah Terdepak ke Rp 16.260 per dollar AS

Di dalam negeri, emas Antam kembali memperbarui rekor harga tertingginya pada hari ini. Mengutip logammulia.com, Sabtu (20/4), harga emas Antam pecahan 1 gram naik Rp 2.000 menjadi Rp 1,347 juta.

Jika dihitung sepanjang tahun berjalan, total kenaikan harga emas Antam sudah sebesar Rp 217.000 atau 19%.

Adapun, harga beli kembali atau buyback emas Antam pada hari ini stabil di level Rp 1,242 juta. Ini adalah acuan harga apabila Anda menjual emas Antam hari ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News