Bugar

Gejalanya Bikin Tidak Nyaman, Bolehkah Asam Urat Dipijat Sebenarnya?

Gejalanya Bikin Tidak Nyaman, Bolehkah Asam Urat Dipijat Sebenarnya?

MOMSMONEY.ID - Saat badan terasa sakit atau nyeri, pijatan seringkali jadi solusi. Penyakit asam urat tinggi umumnya menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang mengganggu. Kadang kala, penderita asam urat ingin memijat bagian yang nyeri akibat asam urat. Akan tetapi, bolehkah asam urat dipijat?

Asam urat adalah kondisi inflamasi yang terjadi pada sendi. Sendi yang terkena akan membengkak, terasa panas, dan nyeri, biasanya menyerang sendi di pangkal ibu jari kaki.

Baca Juga: Ubah Pola Makan, Ini 9 Cara Jitu Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Obat

Dikutip dari laman Halodoc, pengobatan alternatif asam urat seperti pijat atau akupunktur yang dapat dicoba selain menggunakan pengobatan medis lainnya.

Pijat adalah terapi kuno yang efektif dalam meningkatkan mekanisme penyembuhan tubuh secara alami, merangsang metabolisme, meningkatkan sirkulasi darah ke sendi yang rusak dan jaringan otot di sekitarnya, mengurangi nyeri, dan mencegah kejang.

Walaupun pijat merupakan terapi kuno, penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Bodywork and Movement Therapies menunjukkan bahwa penderita artritis yang mendapatkan terapi pijat merasakan lebih sedikit nyeri dan pemulihan yang lebih cepat.

Studi lain yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa pijat dapat mengurangi nyeri secara signifikan dan meningkatkan fungsi lutut pada penderita osteoarthritis. Ini berarti bahwa penderita asam urat dapat melakukan pijat sebagai terapi penyembuhan alternatif selain pengobatan medis.

Baca Juga: Cek Asam Urat Apakah Harus Puasa? Jawabannya Ada di Sini!

Tidak hanya dengan pijatan, ada beberapa cara lain untuk mengelola gejala asam urat, seperti:

  • Mengonsumsi obat anti-inflamasi nonsteroid (AINS) dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.
  • Mengurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah dan seafood, serta menghindari alkohol.
  • Menjaga berat badan ideal karena kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko serangan asam urat.
  • Minum banyak air akan membantu mengencerkan urin dan mempercepat proses pengeluaran asam urat dari tubuh.

Demikianlah ulasan singkat terkait pertanyaan, bolehkah asam urat boleh dipijat atau tidak. Intinya, pemijatan boleh dilakukan pada penderita asam urat, tetapi dengan beberapa catatan.

Ini harus dilakukan dengan hati-hati oleh terapis yang berpengalaman. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum melakukan pemijatan atau urut untuk kondisi asam urat.

Selanjutnya: Cuaca Besok di Bali, Ini Wilayah yang Diguyur Hujan Sepanjang Hari!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News