Bugar

Catat! Ini Daftar Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi yang Bisa Dicoba

Catat! Ini Daftar Lauk Pauk untuk Penderita Darah Tinggi yang Bisa Dicoba

MOMSMONEY.ID - Makan sehat dengan gizi seimbang efektif untuk kendalikan hipertensi. Dalam hal ini, lauk pauk untuk penderita darah tinggi adalah menu makanan yang wajib dicoba.

Tak hanya mampu turunkan tekanan darah, makanan ini mampu mendukung kesehatan secara keseluruhan. Berikut Momsmoney uraikan beberapa pilihan lauk pauk untuk penderita darah tinggi yang bisa dicoba:

1. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Omega-3 membantu mengurangi inflamasi dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Studi dari The Journal Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan berlemak tiga kali seminggu bisa efektif menurunkan tekanan darah diastolik dalam waktu lebih dari delapan minggu.

Baca Juga: Turunkan Hipertensi dengan Kilat, Coba 15 Buah untuk Meredakan Darah Tinggi Ini

2. Kentang

Melansir dari laman Pyfa Health, kentang mengandung kalium, magnesium, dan serat yang baik untuk menurunkan tekanan darah. Saat memasak kentang, hindari penggunaan garam berlebih yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Cara terbaik adalah memasak kentang dengan metode perebusan atau pemanggangan tanpa tambahan garam.

3. Sayuran berdaun hijau

Sayuran seperti sawi, bayam, kale, lobak hijau, dan selada adalah pilihan yang baik karena kaya akan kalium, magnesium, dan serat yang penting dalam mengelola hipertensi. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau secara teratur dapat membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Baca Juga: Ini Daftar Rebusan Daun yang Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

5. Ubi jalar

Dilansir dari laman Alodokter, ubi jalar sumber kalium yang penting untuk menurunkan tekanan darah, meredakan beban pada jantung, serta mengatur irama jantung dan kontraksi otot. Namun, penting untuk mengolah ubi jalar tanpa menambahkan terlalu banyak garam agar manfaat kesehatannya optimal.

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi karena rendah natrium dan lemak serta tinggi serat. Biasanya disajikan sebagai sarapan, oatmeal bisa menjadi lebih menarik dengan penambahan buah segar atau sedikit madu.

Baca Juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Alami yang Terbukti Efektif

7. Buah-buahan

Buah-buahan seperti alpukat, tomat, jeruk, semangka, pisang, berbagai jenis berry, dan buah bit dikenal dapat menurunkan tekanan darah.

Ini disebabkan oleh kandungan kalium yang tinggi dalam buah-buahan tersebut yang membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh dan mengurangi tekanan darah. Kandungan nitrat, antioksidan, dan vitamin C juga berperan dalam melindungi sel-sel tubuh.

8. Yoghurt

Yoghurt adalah sumber kalsium yang baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa yoghurt mengandung probiotik tinggi yang bisa menurunkan tekanan darah.

Yoghurt dapat dikonsumsi langsung atau dicampur dengan buah, granola, atau kacang-kacangan. Pilihlah yoghurt yang rendah gula dan lemak.

Demikianlah daftar lauk pauk untuk penderita darah tinggi yang bisa Anda coba. Selain itu, penting untuk mengurangi konsumsi garam dan makanan olahan yang tinggi natrium, yang dapat meningkatkan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News