Santai

Cara Mengatur dan Menggunakan Fitur Google Find My Device untuk Menemukan HP Hilang

Cara Mengatur dan Menggunakan Fitur Google Find My Device untuk Menemukan HP Hilang

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda kehilangan ponsel Android? Ada cara mengatur dan menggunakan fitur Google Find My Device untuk menemukan hp hilang. 

Cara mengatur dan menggunakan fitur Google Find My Device cukuplah mudah. 

Untuk membantu pengguna menemukan lokasi ponsel mereka, Google menawarkan fitur Temukan Perangkat Saya untuk perangkat Android. Dengan fitur ini, pengguna dapat melacak lokasi ponsel cerdasnya, menguncinya, atau menghapus perangkat Androidnya jika hilang.

Baca Juga: Ini 3 Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Find My Device dan WhatsApp

Namun, untuk menggunakan fitur ini dalam situasi seperti ini, Anda perlu mengatur fitur tersebut di semua perangkat Anda.

Jadi, jika perangkat hilang, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menemukannya. 

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menyiapkan fitur Temukan Perangkat Saya di Google dan menggunakannya dalam situasi darurat. 

Siapkan Fitur Find My Device

1. Pastikan Anda memiliki perangkat Android yang menjalankan Android 4.1 atau lebih tinggi. Ini adalah persyaratan minimum untuk menggunakan Temukan Perangkat Saya.

2. Temukan Perangkat Saya memerlukan layanan lokasi untuk melacak lokasi perangkat Anda secara akurat. Buka Pengaturan > Lokasi dan aktifkan layanan lokasi.

3. Perangkat Anda harus ditautkan ke akun Google Anda. Ini penting untuk menggunakan Temukan Perangkat Saya.

4. Sekarang untuk mengaktifkan Temukan Perangkat Saya: 

- Buka Pengaturan > Google > Temukan Perangkat Saya.

- Pastikan Temukan Perangkat Saya dihidupkan.

- Berikan izin yang diperlukan saat diminta.

Baca Juga: Cara Menggunakan Find My Mobile di Samsung untuk Menemukan HP yang Hilang

5. Khususnya, untuk memberikan data lokasi yang akurat, Temukan Perangkat Saya harus diizinkan berjalan di latar belakang. 

Selain itu, agar fitur ini berfungsi, perangkat Anda memerlukan koneksi internet aktif, baik melalui Wi-Fi atau data seluler.

Setelah fitur ini disiapkan, berikut cara menggunakan Temukan Perangkat Saya untuk mencari, mengunci, atau menghapus perangkat Anda yang hilang:

Cara Menggunakan Fitur Find My Device

1. Jika ponsel Anda hilang, di perangkat lain, buka situs web Temukan Perangkat Saya. Alternatifnya, Anda dapat mengunduh aplikasi Temukan Perangkat Saya di perangkat Android lain.

2. Selanjutnya Masuk ke Akun Google Anda: Gunakan akun Google yang sama yang ditautkan ke perangkat Anda yang hilang. Ini memungkinkan sistem untuk mengakses informasi perangkat Anda.

3. Setelah masuk, Temukan Perangkat Saya akan mencoba menemukan perangkat Anda yang hilang di peta. Keakuratan lokasi akan bergantung pada berbagai faktor, termasuk konektivitas perangkat dan pengaturan lokasi.

Baca Juga: Mirip Find My, Ini Cara Melacak HP Samsung dengan SmartThings Find

Sekarang pilih dari tindakan berikut:

Putar Suara: Opsi ini membuat perangkat Anda berdering dengan volume penuh selama 5 menit, meskipun disetel ke mode senyap atau getar. Ini bisa sangat membantu jika perangkat Anda berada di dekat Anda.

Perangkat Aman : Jika Anda khawatir seseorang akan mengakses data Anda, Anda dapat mengunci perangkat Anda dari jarak jauh. Tindakan ini juga mengeluarkan Anda dari akun Google di perangkat yang hilang. Anda dapat menampilkan pesan khusus di layar dengan informasi kontak.

Hapus Perangkat: Sebagai upaya terakhir, Anda dapat memilih untuk menghapus perangkat Anda, menghapus semua data, aplikasi, dan file secara permanen. Tindakan ini tidak dapat dibatalkan, jadi gunakanlah dengan hati-hati.

Periksa Baterai dan Jaringan: Temukan Perangkat Saya memberikan informasi real-time tentang tingkat baterai perangkat Anda dan koneksi jaringan. Ini dapat membantu Anda memahami keadaan perangkat Anda.

Nah begitulah cara menggunakan fitur Find My Device yang dapat Anda coba untuk mencari hp hilang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News