Bugar

Buah Apa yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat? Inilah Daftarnya!

Buah Apa yang Paling Cepat Menurunkan Asam Urat? Inilah Daftarnya!

MOMSMONEY.ID - Buah penurun asam urat paling cepat ada apa saja, ya? Intip daftarnya berikut ini, yuk.

Asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kondisi yang sangat menyakitkan dikenal sebagai gout, atau penyakit asam urat. Kondisi ini terjadi ketika kristal urat terbentuk di dalam sendi, menyebabkan peradangan dan nyeri yang intens.

Salah satu cara efektif untuk mengelola dan mencegah tingginya kadar asam urat adalah melalui diet, khususnya dengan mengonsumsi buah-buahan yang dapat membantu menurunkan kadar tersebut.

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut adalah daftar buah penurun asam urat paling cepat:

1. Apel

Buah apel dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme dan membantu dalam peluruhan zat asam urat berlebih di dalam darah, sehingga mengurangi risiko serangan asam urat. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam apel juga berperan dalam meredakan peradangan dan nyeri.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Boleh Konsumsi Sayuran Hijau Ini, Cek Daftarnya!

2. Alpukat

Kaya akan lemak sehat, vitamin, dan mineral, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas, serta vitamin E yang membantu dalam mengurangi serangan asam urat.

3. Pisang

Pisang adalah buah yang membantu dalam melancarkan pencernaan dan juga efektif dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh serangan asam urat, berkat kandungan kalium yang tinggi. Namun, hindari pisang yang terlalu matang karena kandungan fruktosanya yang tinggi.

Baca Juga: Disebut Picu Asam Urat Tinggi, Inilah Daftar Sayuran Tinggi Purin

4. Jeruk

Buah jeruk termasuk sumber vitamin C, asam sitrat, dan antioksidan yang efektif dalam mengatasi peradangan termasuk yang diakibatkan oleh asam urat. Konsumsi air perasan jeruk nipis atau lemon hangat secara rutin setiap pagi atau sebelum tidur dapat mengurangi rasa nyeri akibat serangan asam urat.

5. Stroberi

Buah stroberi, dengan rasa manis dan asamnya, direkomendasikan untuk penderita asam urat karena tinggi akan antioksidan dan sifat antiinflamasi. Buah berry lain seperti blueberry dan raspberry juga sangat baik dikonsumsi untuk meredakan nyeri.

Baca Juga: 4 Sayuran Hijau yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Ada Apa Saja!

6. Delima

Buah delima yang kaya antioksidan dan antiinflamasi sangat efektif dalam meredakan nyeri akibat asam urat. Jus delima juga merupakan alternatif menyegarkan untuk dikonsumsi.

7. Ceri

Ceri mengandung anthocyanin, sebuah antioksidan yang berfungsi sebagai antiinflamasi yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat dan mencegah kristalisasi asam urat di persendian.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Asam Urat dan Kolesterol

8. Pepaya

Pepaya mengandung papain, enzim dengan sifat antiinflamasi alami yang menjadikan buah ini baik untuk penderita asam urat. Tingginya kandungan vitamin C di dalam pepaya juga memberikan perlindungan tambahan bagi tubuh.

9. Kiwi

Kiwi memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk dalam mengatur kadar asam urat karena kaya akan potassium, folat, vitamin C, dan vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan dan mencegah penumpukan asam urat.

Demikianlah beberapa buah penurun asam urat yang paling cepat. Selain mengonsumsi buah-buahan ini, penting juga untuk minum cukup air setiap hari dan mengurangi konsumsi makanan tinggi purin yang dapat meningkatkan produksi asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News