Santai

Bikin Makin Hemat Saat Ramadan, Coba Atur Keuangan Pakai Kakeibo!

Bikin Makin Hemat Saat Ramadan, Coba Atur Keuangan Pakai Kakeibo!

MOMSMONEY.ID - Jika Anda ingin mulai berhemat dan mengatur keuangan di bulan puasa, coba gunakan metode kakeibo.

Kakeibo adalah metode yang memiliki tujuan untuk mengatur kondisi keuangan yang lebih tertata. Kakeibo merupakan istilah dari Jepang, yang digunakan untuk menjelaskan cara berhemat uang dan menabung.

Menurut sejarahnya, kakeibo pertama kali dipopulerkan oleh seorang jurnalis Jepang bernama Motoko Hani. Ia pertama kali memublikasikan metode kakeibo ini pada sebuah majalah perempuan di tahun 1904.

Ada 5 tahapan yang dijadikan acuan untuk menerapkan metode kakeibo ini. Peralatan yang dibutuhkan hanya buku catatan yang nantinya digunakan untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan uang.

Langsung simak cara untuk menerapkan kakeibo di sini, yuk!

Langkah pertama, Anda wajib mencatat pemasukan pada jurnal keuangan Anda secara rinci. Catatlah semua sumber pemasukan dan pendapatan yang Anda peroleh seperti gaji bulanan dan sumber pendapatan lainnya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Masak Sendiri di Rumah Terutama di Masa Ramadan

Selanjutnya, buatlah daftar rincian kebutuhan hidup Anda selama sebulan. Mulai dari kebutuhan harian hingga kebutuhan yang tak terduga. Contohnya, kebutuhan makan, transportasi, belanja, buku, kado, atau bahkan kuota internet.

Tahapan yang paling penting dari metode kakeibo ini adalah penggunaan amplop. Buat pos keuangan dari amplop-amplop berlabel sesuai kebutuhan dan masukan jumlah uang sesuai dengan rencana yang telah dicatat tadi.

Tak berhenti di situ, jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluaran harian dan bahkan uang kembalian yang Anda miliki dari sisa uang pada amplop budgeting.

Lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari selama sebulan.

Baca Juga: 5 Cara Detox Pikiran Agar Stres Tidak Makin Menjadi, Mudah Kok

Setelah satu bulan berlalu, cobalah teliti kembali rincian tersebut apakah sudah sesuai dengan alur keuangan Anda. Jika tidak sesuai, maka bisa dijadikan acuan perbaikan budgeting di bulan berikutnya.

Perlu diingat, metode kakeibo hanya menggunakan transaksi uang tunai dan bukan menggunakan transaksi non-tunai. Sebab, pengaturan keuangan akan dirasa lebih mudah dan tidak boros saat menggunakan uang tunai. Dengan menggunakan uang tunai, maka pengaturan keuangan dirasa lebih mudah dan tidak boros.

Dari menerapkan kakeibo ini diharapkan Anda bisa lebih bijak untuk mengeluarkan uang sesuai budget maupun membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Nah, tertarik melakukan metode kakeibo ini? Bisa bikin keuangan Anda jadi lebih hemat, terutama di bulan Ramadan ini, loh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News