Bugar

Benarkah Sering Ngantuk Setelah Makan Tanda Diabetes?

Benarkah Sering Ngantuk Setelah Makan Tanda Diabetes?

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendengar tentang ungkapan sering ngantuk setelah makan tanda diabetes? Tentu hal itu membuat sebagian orang khawatir tentang kondisi kesehatan mereka jika mengalaminya. Namun, apakah benar demikian?

Kali ini Momsmoney akan mengulasnya lebih dalam. Jadi, simak dengan seksama berikut ini, yuk!

Sering Ngantuk Setelah Makan Bisa Jadi Tanda Diabetes

Melansir dari laman Healthcare Associates, sering ngantuk setelah makan bisa menjadi indikator diabetes, terutama tipe 2. Pada kondisi ini, seseorang mengalami apa yang disebut resistensi insulin, yaitu kondisi di mana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin yang cukup untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal.

Akibatnya, kadar gula darah bisa menjadi sangat tinggi atau sangat rendah. Setelah kadar gula darah naik tinggi dan kemudian kembali stabil, terjadi penurunan energi yang bisa menyebabkan seseorang merasa mengantuk. Keadaan ini dikenal sebagai hiperglikemia.

Di sisi lain, ketika kadar gula darah jatuh di bawah 70 mg/dL, itu dapat menyebabkan hipoglikemia. Baik hiperglikemia maupun hipoglikemia bisa menyebabkan individu dengan diabetes merasa sangat mengantuk setelah makan.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Gula Darah Rendah?

Seorang dengan diabetes mungkin mengalami kantuk setelah makan karena fluktuasi dalam pengelolaan gula darah mereka. Fluktuasi ini sangat umum terjadi pasca konsumsi makanan, sehingga penting bagi penderita diabetes untuk memantau kadar gula darah mereka secara rutin.

Studi telah menunjukkan bahwa ada hubungan kuat antara kelelahan dan diabetes tipe 2 yang tidak dikelola dengan baik. Selain itu, bukti terkini menunjukkan bahwa aspek lain dari kondisi ini juga bisa berkontribusi terhadap rasa kantuk setelah makan.

Baca Juga: 5 Daftar Buah Pantangan Penderita Diabetes yang Harus Dihindari!

Ciri-ciri Ngantuk Setelah Makan Tanda Diabetes

Biasanya ngantuk setelah makan yang disebabkan diabetes diikuti dengan tanda atau gejala lain. Nah, berikut beberapa tanda dan gejala lain yang mungkin terjadi pada individu dengan diabetes:

  • Penurunan berat badan yang tidak dijelaskan
  • Kelaparan berlebihan meskipun baru saja makan
  • Peningkatan rasa haus
  • Frekuensi buang air kecil yang meningkat
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Rasa kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki
  • Perubahan mood yang signifikan
  • Meningkatnya iritabilitas
  • Kulit menjadi kering
  • Luka yang lambat sembuh

Baca Juga: Kurangi Konsumsi Gula Sejak Sekarang, Ini Manfaat yang Didapatkan!

Itulah ulasan mengenai sering ngantuk setelah makan tanda diabetes. Dapat disimpulkan bahwa sering ngantuk setelah makan bisa jadi salah satu tanda diabetes. Namun, untuk memastikannya, penting untuk memeriksakan diri ke dokter, ya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News