Bugar

Bagus untuk Kesehatan, Ini Manfaat Gua Sha dan Cara Menggunakannya

Bagus untuk Kesehatan, Ini Manfaat Gua Sha dan Cara Menggunakannya

MOMSMONEY.ID - Dalam dunia perawatan kesehatan dan kecantikan yang modern, metode tradisional sering kali mendapatkan tempat khusus karena manfaatnya yang beragam dan keunikannya. Salah satu teknik yang telah menarik perhatian banyak orang adalah Gua Sha. Apa saja manfaat Gua Sha dan bagaimana cara menggunakannya?

Teknik ini berasal dari Tiongkok kuno yakni dengan penggunaan alat untuk menggosok atau mengikis kulit dengan lembut. Meskipun terdengar sederhana, manfaat Gua Sha sangat banyak, lo.

Pada kesempatan kali ini, Momsmoney akan membagikan manfaat Gua Sha dan cara menggunakannnya. Mari simak selengkapnya!

Manfaat Gua Sha

Melansir dari laman Greatist, berikut ini adalah manfaat Gua Sha yang jarang diketahui:

1. Mengurangi Peradangan dan Bengkak

Mirip dengan pijat lainnya, menggunakan alat Gua Sha pada wajah atau tubuh dapat meningkatkan sirkulasi mikro di jaringan lunak, yakni aliran darah di kapiler. Peningkatan sirkulasi ini dapat mengurangi gejala fisik dari peradangan seperti bengkak.

Teknik ini juga mendukung drainase limfatik dengan memindahkan cairan dari area yang bengkak, yang merupakan manfaat umum dari pijat.

Baca Juga: Apakah Kacang Hijau Menyebabkan Asam Urat? Inilah Jawabannya!

2. Mengurangi Tampilan Keriput

Meskipun belum ada penelitian yang definitif, peningkatan sirkulasi dari Gua Sha mungkin membuat kulit tampak lebih kencang dan mengurangi garis halus. Namun, efek ini biasanya sementara dan mungkin berperan lebih banyak sebagai efek placebo.

3. Mengatasi Nyeri Leher dan Bahu

Gua Sha bisa membantu mengatasi nyeri yang disebabkan oleh postur kerja yang buruk atau penggunaan komputer berlebihan. Sebuah studi kecil tahun 2014 menunjukkan bahwa Gua Sha efektif mengurangi nyeri leher dan bahu serta meningkatkan rentang gerak pada pengguna komputer.

Penelitian lain tahun 2011 menemukan bahwa Gua Sha lebih efektif daripada penggunaan bantalan pemanas untuk nyeri leher.

Baca Juga: 4 Tips Cara Merawat Hair Extension Biar Rambut Tak Cepat Rusak

4. Mengurangi Gejala Migrain dan Sakit Kepala

Penelitian terbatas tetapi beberapa studi, seperti studi kasus tahun 2007, menunjukkan bahwa Gua Sha mungkin mengurangi gejala migrain. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi efek ini secara lebih luas.

5. Meringankan Gejala Perimenopause

Perimenopause bisa menyebabkan gejala seperti hot flashes, insomnia, dan vagina kering. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa Gua Sha mungkin membantu mengurangi gejala-gejala tersebut.

Studi lain pada 2017 yang melibatkan 80 wanita perimenopause menunjukkan bahwa mereka yang menjalani perawatan Gua Sha mengalami lebih sedikit gejala dibandingkan dengan kelompok kontrol. Ini menunjukkan potensi Gua Sha dalam mengurangi gejala serupa dengan PMS.

Baca Juga: Pilihan Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Fungsi Otak Manusia, Jangan Dilewatkan ya

6. Membantu Mengurangi Pembengkakan Payudara saat Menyusui

Gua Sha, seperti pijat payudara lainnya, bisa membantu memudahkan pemerahan saat menyusui. Meski hanya satu studi kasus tahun 2008 yang mencatat manfaat ini, itu menunjukkan potensi positif.

7. Mempercepat Pemulihan Otot

Studi kecil tahun 2017 menemukan bahwa Gua Sha mungkin mempercepat pemulihan otot setelah olahraga. Ini membuatnya menjadi alternatif potensial untuk metode pemulihan lain seperti roller busa atau mandi es.

Baca Juga: Resep Awet Muda, Intip Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Anda

8. Meringankan Gejala Hepatitis B

Meskipun bukan pengobatan utama, sebuah studi kasus tahun 2011 melaporkan bahwa Gua Sha bisa membantu mengurangi peradangan hati akibat hepatitis B dalam jangka pendek.

9. Mengurangi Gejala Sindrom Tourette

Sebuah studi tahun 2017 mengamati bahwa Gua Sha, ketika digabungkan dengan terapi lain, tampaknya mengurangi gejala sindrom Tourette. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan peran Gua Sha dalam hal ini.

Baca Juga: Manfaat Buah Kesemek untuk Asam Lambung Anda, Ada 7 Manfaat Kesehatan Lainnya

Cara Menggunakan Gua Sha

Menyadur dari laman Hello Sehat, terapi Gua Sha biasanya dilakukan oleh praktisi yang sering kali adalah ahli akupunktur. Tetapi beberapa teknik seperti pijatan wajah dapat dilakukan sendiri.

Berikut ini cara menggunakan Gua Sha di wajah:

  • Oleskan serum atau minyak esensial pada wajah untuk memberi nutrisi dan memudahkan gerakan alat pijat.
  • Pegang alat Gua Sha dengan sudut antara 15 hingga 30 derajat.
  • Pijat kulit secara lembut dengan tekanan yang ringan hingga sedang untuk merangsang pergerakan cairan limfatik.
  • Lakukan gerakan dari atas ke bawah, mulai dari leher, kemudian beranjak ke dagu, pipi, area bawah mata, dahi, dan akhiri pada garis rahang.
  • Selesaikan dengan mengarahkan alat Gua Sha perlahan ke bawah menuju pangkal leher.
  • Pastikan alat bergerak dalam garis lurus dan hindari menggosoknya bolak-balik.
  • Setelah selesai, bersihkan alat dengan sabun lembut, keringkan, dan simpan di tempat yang bersih.

Baca Juga: Apakah Buah Pir Bisa Menurunkan Darah Tinggi? Cek Faktanya di Sini

Demikianlah ulasan terkait manfaat Gua Sha dan cara menggunakannya. Namun, Gua Sha bisa menyebabkan memar ringan akibat gesekan dan goresan yang terjadi selama penggunaan.

Jadi, jika Anda cenderung mudah memar, mungkin Gua Sha bukan pilihan terbaik bagi Anda. Terlalu banyak tekanan saat penggunaan juga dapat menyebabkan rasa sakit, sehingga penting untuk berkomunikasi dengan praktisi jika Anda merasa tidak nyaman selama sesi.

Meskipun pendarahan sangat tidak mungkin terjadi karena teknik ini tidak melibatkan penusukan kulit, tetap ada risiko kecil terjadinya transfer kondisi yang terkait dengan darah. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan ahli akupunktur berlisensi atau praktisi pengobatan tradisional Tiongkok untuk melakukan pijat Gua Sha.

Baca Juga: Apakah Pisang Bagus untuk Asam Lambung? Cek Makanan Penurun Asam Lambung Lainnya

Jika Anda memilih untuk melakukannya sendiri di rumah, pastikan untuk membersihkan alat Anda secara menyeluruh dan tidak membagikannya dengan orang lain.

Anda mungkin perlu menghindari Gua Sha jika Anda menggunakan pengencer darah, memiliki gangguan pembekuan darah, dan baru menjalani operasi dalam waktu 6 minggu terakhir. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News