Bugar

Apakah Bawang Putih Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini Kata Peneliti

Apakah Bawang Putih Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini Kata Peneliti

MOMSMONEY.ID - Bawang putih terkenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk pengobatan banyak penyakit, termasuk kolesterol. Namun, apakah bawang putih bisa menurunkan kolesterol?

Banyak studi telah mengeksplorasi pengaruh bawang putih terhadap kadar kolesterol darah, namun hasil-hasil yang diperoleh masih beragam dan tidak sepenuhnya konsisten.

Baca Juga: Menyehatkan Badan! Yuk Intip Nutrisi dan Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Melansir dari laman Very Well Health, allicin, sebuah senyawa berbasis sulfur yang terdapat dalam bawang putih, dianggap berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Namun, mekanisme pasti di balik efek ini masih menjadi topik perdebatan.

Sebuah penelitian dari Institute of Lipid and Atherosclerosis Research menemukan bahwa allicin dapat menghambat produksi kolesterol LDL di hati dengan cara mengikat protein pada sel hati yang dikenal sebagai reseptor LDL, sehingga potensial mematikan produksi LDL pada tingkat sel.

Dukungan untuk temuan ini datang dari tinjauan pada tahun 2013 oleh University of Adelaide di Australia, yang menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih harian dapat menurunkan kadar LDL dan kolesterol total, namun berdampak sedikit atau tidak sama sekali terhadap kadar HDL.

Baca Juga: Sehat dan Ampuh! Ini lo Minuman Penurun Kolesterol Alami yang Bisa Dicoba

Dalam tinjauan yang melibatkan 39 uji klinis, 26 di antaranya menunjukkan penurunan signifikan pada kadar LDL. Efek penurunan kolesterol dari bawang putih juga tampaknya bergantung pada dosis, dengan dosis yang lebih tinggi menghasilkan penurunan LDL yang lebih besar. Selain itu, manfaatnya cenderung meningkat seiring dengan lamanya durasi penggunaan.

Namun, penurunan kadar LDL, yang berkisar antara 6% hingga 9%, tidak cukup signifikan untuk menyatakan bahwa bawang putih dapat menjadi solusi tunggal untuk mengatasi kolesterol tinggi. Selain itu, efek ini juga tidak bertahan lama; kadar LDL cenderung kembali ke level sebelum pengobatan setelah penghentian konsumsi bawang putih.

Baca Juga: Cek Sekarang, Ini Makanan Penurun Kolesterol Paling Cepat yang Bisa Dicoba

Tidak semua studi dalam tinjauan tersebut menyepakati temuan ini. Tiga belas dari 39 studi melaporkan tidak ada perubahan signifikan dalam LDL atau kadar kolesterol total, sementara studi lain menunjukkan bahwa efek penurunan kolesterol dari bawang putih hanya bersifat sementara. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memperkuat bukti-bukti ini.

Kesimpulannya, menurut banyak penelitian, bawang putih bisa menurunkan kolesterol. Penelitian tambahan mengungkapkan bahwa suplemen bawang putih mungkin lebih efektif dibandingkan dengan bawang putih segar atau yang telah diolah dalam menurunkan kadar kolesterol. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperkuat temuan ini.

Meskipun aman dikonsumsi, Anda disarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi bawang putih untuk menurunkan kolesterol. Ini menjadi preventif adanya interaksi obat-obatan kolesterol yang mungkin Anda konsumsi dengan bawang putih. Demikianlah jawaban atas pertanyaan, apakah bawang putih bisa menurunkan kolesterol atau tidak. Semoga membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News