Bugar

Aman Dikonsumsi, Ini Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

Aman Dikonsumsi, Ini Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Diabetes

MOMSMONEY.ID - Diabetes adalah kondisi kesehatan yang membutuhkan perhatian khusus terhadap asupan makanan. Penderita diabetes disarankan untuk memilih makanan yang dapat membantu mengelola kadar glukosa darah mereka. Namun, menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes ada apa saja?

Berikut ini Momsmoney akan memberikan rekomendasi menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang aman dan sehat, menyadur dari laman Halodoc dan Dokter Sehat:

1. Daging Dada Ayam

Daging dada ayam merupakan sumber protein yang baik dan memiliki kalori yang rendah. Makanan ini membantu penderita diabetes dalam mempertahankan berat badan yang sehat dan merasakan kenyang lebih lama.

Baca Juga: Benarkah Leher Hitam Tanda Diabetes ya? Cek Fakta Berikut Ini

2. Ikan Beromega-3

Ikan yang kaya omega-3 seperti salmon, sarden, dan makarel, sangat disarankan karena manfaatnya yang bisa mengoptimalkan kesehatan.

Sebuah studi dalam The British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi ikan omega-3 dapat meningkatkan kondisi kesehatan secara umum, termasuk mengontrol kadar gula darah berkat kandungan proteinnya.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah pilihan yang baik karena memiliki indeks glikemik rendah dan kaya akan nutrisi. Walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan, ubi jalar tetap dianggap sebagai pilihan makanan sehat untuk penderita diabetes.

4. Oatmeal

Oatmeal mengandung B-glukan, yang telah terbukti menjaga kontrol glikemik. Indeks glikemik oatmeal berada di bawah 55, menjadikannya pilihan yang aman karena tidak menyebabkan lonjakan atau penurunan kadar gula darah secara tiba-tiba.

Baca Juga: Segudang Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet Turunkan BB!

5. Roti Gandum

Berbeda dengan roti putih, roti gandum memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dan kaya akan serat. Menurut sebuah artikel di jurnal PLoS Medicine, serat dalam roti gandum membantu memperlambat proses pencernaan, yang berkontribusi pada stabilisasi kadar gula darah.

6. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel, beri, dan jeruk, memiliki indeks glikemik di bawah 55 dan kaya akan serat serta air, membantu dalam penyeimbangan kadar fruktosa alami. Untuk manfaat maksimal, konsumsi buah dalam bentuk utuh, bukan sebagai jus.

7. Sayuran Hijau

Sayuran seperti bayam dan kale kaya akan nutrisi dan memiliki karbohidrat yang sangat rendah, ideal untuk mengontrol gula darah. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi tinggi sayuran hijau dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

8. Buah Sitrus dan Beri

Buah sitrus dan beri kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu dalam kontrol gula darah. Kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya mendukung fungsi tubuh yang optimal.

Baca Juga: 5 Infused Water untuk Diet, Bantu Bakar Lemak dan Kecilkan Timbangan

9. Quinoa

Quinoa, yang kaya serat dan protein, sangat bermanfaat bagi penderita diabetes karena membantu mengontrol kadar gula darah.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat, protein nabati, vitamin, dan mineral. Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah berkat indeks glikemiknya yang rendah.

11. Bawang Putih

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih bisa membantu menurunkan kadar gula darah, terutama ketika dikombinasikan dengan metformin, obat yang umum digunakan oleh penderita diabetes tipe 2.

12. Yogurt

Mengonsumsi yogurt tawar secara rutin dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Meskipun alasan pasti belum diketahui, yogurt rendah glikemik dan baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga: Benarkah Sering Ngantuk Setelah Makan Tanda Diabetes?

13. Telur

Telur mengandung karbohidrat yang rendah dan lemak yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi telur sebanyak 6-12 butir per minggu aman dan tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Tak hanya itu, telur juga bermanfaat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dan menjaga kesehatan mata.

14. Alpukat

Penderita diabetes aman mengonsumsi alpukat sebagai makanan sehari-hari karena rendah gula. Selain itu, alpukat tinggi serat dan lemak sehat serta rendah karbohidrat.

15. Rumput Laut

Kaya protein, vitamin, dan mineral, rumput laut memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, juga pada penderita diabetes. Misalnya saja kandungan mineral seperti chromium di dalamnya mampu mengurangi resistensi insulin.

Dengan begitu, mengonsumsi rumput laut dapat membantu membuat metabolisme darah lancar sekaligus mencegah gula darah melonjak naik.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Gula Darah Rendah?

16. Mi Shirataki

Dalam mi shirataki terkandung serat glucomannan yang dapat mengurangi rasa lapar. Tak hanya itu, serat tersebut juga dapat mengurangi gula darah setelah makan, lo. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mi shirataki juha bermanfaat untuk kurangi risiko penyakit jantung pada penderita diabetes dan sindrom metabolik.

Nah, itulah beberapa menu makanan sehari-hari untuk penderita diabetes yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Hadir Di KPU, Prabowo: Semua Pimpinan Politik Bekerja Sama Untuk Rakyat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News