Keluarga

7 Tips Hemat Belanja Awal Bulan Jelang Lebaran untuk Keluarga, Anti Boros

7 Tips Hemat Belanja Awal Bulan Jelang Lebaran untuk Keluarga, Anti Boros

MOMSMONEY.ID - Awal bulan menjelang Lebaran, tentu ada banyak pengeluaran yang harus didata. Mulai dari belanja baju baru, hingga belanja kebutuhan masak untuk hidangan Hari Raya yang sebentar lagi akan tiba.

Ada banyak trik yang dapat dilakukan Moms untuk menekan pengeluaran saat belanja bulanan. Apa sajakah itu? Simak beberapa tips hemat berbelanja bulanan yang dilansir dari Dancow dan Bank Rate, ini dia.

Belanja di hari paling sepi

Menurut Bank Rate, kerumunan orang-orang dapat berdampak negatif pada anggaran belanjaan setiap orang.

Baca Juga: 7 Makanan Korea yang Jadi Ide Menu Berbuka Puasa, Galbitang-Bibimbap!

Seseorang akan kesulitan menentukan merek/ukuran tertentu sehingga mereka cenderung lebih boros daripada biasanya, jika mereka berbelanja saat mall sedang penuh.

Sebaliknya, jika berbelanja saat mall sedang sepi, maka seseorang cenderung akan lebih tenang & berpikir jernih menentukan apa yang ingin dibeli, sehingga berakhir tidak boros.

belanja bulanan makanan

Buat daftar belanjaan

Cara hemat berbelanja bulanan namun kebutuhan gizi keluarga tetap terpenuhi bisa dilakukan dengan cara membuat daftar belanjaan sebelum pergi ke pasar ataupun mall.

Baca Juga: 7 Trik Penjualan Ala Supermarket yang Bisa Menguras Isi Dompetmu Lebih Banyak

Tulis barang-barang dan kebutuhan utama yang wajib dipenuhi, seperti sayuran, buah-buahan, susu untuk anak, dan berbagai barang kebutuhan lainnya.

Dengan begitu, Moms tidak akan kalap saat berbelanja bulanan karena ada daftar belanjaan yang harus diikuti.

Beri waktu saat berbelanja

Menurut Steve dan Annette Economides dari MoneySmartFamily.com, membatasi waktu saat berbelanja membuat peluang belanja impulsif semakin berkurang.

Belanja Saat Perut Kenyang

belanja bulanan

Baca Juga: 4 Cara Tepat Memotong Buah biar Nutrisi di Dalamnya Tidak Hilang

Belanja saat perut kenyang rupanya bisa juga jadi cara hemat berbelanja bulanan dengan gizi yang tetap terpenuhi.

Ini disebabkan perut yang tengah kelaparan akan mengirimkan sinyal kepada otak untuk membeli segala bahan makanan yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Pentingnya berbelanja saat perut kenyang bisa jadi siasat penting menghemat uang belanjaan tanpa harus mengurangi gizi keluarga.

Belanja sendirian

Seseorang bisa menjadi impulsif saat belanja bersama orang lain, terutama keluarga & anak-anak.

Agar bisa tetap hemat belanja kebutuhan keluarga, disarankan untuk selalu mencatat daftar belanjaan sejak masih di rumah. Ini adalah cara ampuh untuk mencegah belanja impulsif.

Baca Juga: 4 Cara Belanja Makanan Agar Tetap Higienis dan Terhindar dari Kuman

Beli Buah Sesuai Musimnya

makanan sehat buah dan sayur

Moms bisa coba membeli buah sesuai dengan musimnya sebagai salah satu cara hemat berbelanja bulanan kebutuhan gizi keluarga tanpa takut boros.

Buah yang dibeli pada musimnya akan jauh lebih murah dibandingkan buah yang sedang tak panen pada musim tersebut.

Untuk hemat berbelanja beberapa rupiah, Moms bisa menggunakan trik ini agar belanjaan tetap hemat namun gizi tetap terpenuhi, ya!

Baca Juga: Daftar 7 Makanan yang Namanya Tercantum dalam Kitab Suci Al Quran

Beli Daging Utuh

Daging merah

Membeli daging secara utuh juga bisa jadi cara hemat berbelanja bulanan tanpa takut boros, namun tetap memenuhi kebutuhan gizi keluarga.

Pasalnya, membeli daging utuh jauh lebih murah dibandingkan saat membeli daging yang sudah dipotong-potong menjadi bagian tertentu.

Nah itu dia beberapa cara hemat berbelanja bulanan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga tanpa boros. Moms bisa ikuti cara-cara di atas agar lebih bijak menggunakan uang bulanan.

Selanjutnya: Ini 11 Pantangan Makanan Kolesterol Tinggi yang Sebaiknya Dihindari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News