Keluarga

7 Perbedaan Cokelat Compound vs Couverture, Jenis Cokelat yang Umum Digunakan

7 Perbedaan Cokelat Compound vs Couverture, Jenis Cokelat yang Umum Digunakan

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda, cokelat yang sering diolah jadi bahan makanan yang kita konsumsi ternyata berasal dari jenis yang berbeda? Keduanya adalah Cokelat Compound & Cokelat Couverture.

Untuk mengetahui detail perbedaan dari tekstur hingga rasa keduanya, mari simak perbedaan kedua jenis cokelat tersebut, ini dia.

Bahan utama

Bahan utama Cokelat Compound berbeda dari Cokelat Couverture. Cokelat Compound terdiri dari bahan utama berupa lemak nabati & bubuk kakao.

Baca Juga: Mentimun vs Zukini, Perbedaan 2 Jenis Sayuran yang Serupa Tapi Tak Sama

Sementara Cokelat Couverture bahan utamanya adalah lemak kakao (secara alami ada dalam biji kakao) & cocoa paste atau massa kakao (terbuat dari cocoa nibs yang membentuk pasta kental).

Persentase lemak

Persentase lemak kedua jenis cokelat ini pun berbeda, sebab bahan utamanya berbeda.

Perbedaan Cokelat Compound & Cokelat Couverture

Cokelat Compound punya persentase lemak kakao yang rendah. Adapun sebagian hingga seluruh lemak kakao ini yang diganti dengan lemak nabati, mengutip Freyabadi.

Sementara Cokelat Couverture punya persentase lemak kakao yang cukup tinggi.

Baca Juga: Perbedaan 3 Bumbu Masakan Indonesia: Terasi, Belacan, dan Petis dari Bahan-Rasa

Tekstur

Perbedaan tekstur keduanya menjadikan cokelat-cokelat ini begitu mencolok.

Cokelat Compound biasanya memiliki tekstur meleleh, melansir dari Embassy Chocolate. Namun rata-rata produsen cokelat di negara tropis, biasanya mereka memproduksi cokelat yang tahan pada suhu ruang / lengket mirip tekstur lilin. Ini disebabkan karena jenis cokelat ini berbahan lemak nabati.

Cokelat Couverture lebih tidak meleleh dibandingkan jenis cokelat lainnya, karena ada kandungan lemak kakao yang membuatnya tak mudah meleleh. Adapun suara patahan yang terdengar ketika kita mematahkan batangan Cokelat Couverture ini.

Proses tempering

Melansir dari Tulip Chocolate, tempering merupakan sebuah proses cokelat dipanaskan & didinginkan untuk memberi tekstur yang pas saat dicetak.

Cokelat Couverture dibuat dengan melakukan tempering sebelum diolah jadi produk makanan. Sementara Cokelat Compound langsung digunakan tanpa tempering, mengutip dari Kiosk Cokelat.

Baca Juga: Perbedaan 3 Jenis Tepung Terigu: Berprotein Tinggi, Sedang dan Rendah

Bunyi patahan

Perbedaan Cokelat Compound & Cokelat Couverture

Ada yang khas dari Cokelat Couverture. Cokelat yang dikenal renyah ini memiliki bunyi khas “trak” yang terdengar jelas saat batangan cokelatnya dipatahkan.

Semetara Cokelat Compound yang lebih lembek tak akan memiliki bunyi khas ini. sebab memang tekstur cokelat tersebut lebih lentur & cenderung lumer.

Baca Juga: Green Tea vs Matcha, Sama atau Berbeda?

Rasa dalam mulut

Bahan yang berbeda turut serta memengaruhi kesan rasa kedua jenis cokelat ini ketika dikunyah dalam mulut.

Cokelat Compound cenderung memiliki kesan berminyak & agak sulit meleleh dalam mulut. Sementara Cokelat Couverture akan meleleh di mulut & memiliki rasa yang lebih lembut serta mudah ditelan.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Drumette, Wingette, dan Wing Tip dalam Potongan Sayap Ayam

Titik leleh cokelat

Titik leleh keduanya berbeda. Cokelat Compound cukup tahan di suhu yang tinggi (sekitar 40 derajat Celcius) & tak mudah meleleh. Sebab, cokelat ini terbuat dari lemak nabati yang membuat cokelat jadi cukup tahan terhadap suhu panas.

Sementara Cokelat Couverture lebih mudah meleleh karena terdiri dari bahan lemak kakao, serta tak ada sama sekali kandungan lemak nabati.

Itulah deretan perbedaan kedua jenis cokelat, yaitu Cokelat Compound & Cokelat Couverture.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News