Keluarga

7 Makanan yang Tak Boleh Disantap saat Perut Kosong, Bikin Sakit Perut!

7 Makanan yang Tak Boleh Disantap saat Perut Kosong, Bikin Sakit Perut!

MOMSMONEY.ID - Dilarang mengonsumsi deretan makanan berikut ini saat perut kosong. Sebab, makanan-makanan berikut ini berpotensi bikin asam lambungmu jadi naik!

Beberapa makanan tersebut nyatanya bukan cuma makanan yang tak bergizi saja, tapi juga makanan sehat seperti buah-buahan hingga sayuran.

Apa sajakah makanan yang tak boleh dikonsumsi saat perut kosong? Mari intip artikelnya berikut ini!

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Coba Konsumsi 5 Sayuran Murah Penurun Kolesterol

Gorengan

Gorengan dan aneka jenis makanan berminyak lainnya tak baik dikonsumsi saat perut kosong, sebab akan menyebabkan perut kembung sepanjang hari.

Melansir Times of India, kandungan lemak & minyak yang tinggi dapat membebani perut yang membuat energi melemah & Anda akan lesu sepanjang hari.

Sayur mentah

wortel

Jika Anda pecinta sayuran mentah, maka janganlah mengonsumsinya  saat perut kosong. Sayuran mentah masih mengandung serat yang sulit dicerna & akan sebabkan perut kembung.

Maka para ahli menyarankan untuk tidak makan salad secara berlebihan di pagi hari karena berpotensi menyebabkan gangguan pencernaan. Sebaliknya, disarankan untuk makan di siang hari.

Baca Juga: Perbedaan Ubi vs Kentang, Manakah yang Lebih Baik untuk Penderita Diabetes?

Tomat

Jika Anda memiliki lambung yang lemah, sebaiknya tak mengonsumsi tomat di pagi hari karena sifatnya yang merupakan asam alami.

Tomat mengandung asam tanat, yang jika terkena cairan lambung, dapat menyebabkan iritasi lambung. Mengonsumsi tomat (baik mentah, dijus, maupun dijadikan smoothie) dapat menyebabkan refluks asam saat dikonsumsi ketika perut kosong.

Buah dengan fruktosa & serat tinggi

Kiwi

Buah memang baik dikonsumsi sepanjang hari, namun cobalah untuk menghindarinya saat perut sedang kosong.

Only My Health mengatakan bahwa buah-buahan berserat tinggi seperti jeruk, nanas, kiwi, lemon, dan jambu biji yang dikonsumsi pada pagi hari dapat membuat perut sakit.

Kandugan serat yang tinggi & fruktosanya dapat memperlambat kerja metabolisme dalam tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Maksimalkan Manfaat Jalan Kaki untukmu yang Kurang Berolahraga

Kopi

Banyak orang yang mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum sarapan. Sebenarnya, kopi tak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Seperti yang kita ketahui, kopi dapat merangsang produksi asam lambung yang menyebabkan rasa sakit pada pencernaan.

Cokelat/makanan manis

 Cokelat

Meski banyak orang yang melanggar hal ini, namun sebenarnya makanan manis tak boleh dikonsumsi saat perut kosong di pagi hari.

Mengutip Fresh Mag, para ahli mengatakan bahwa pankreas tidak dapat mereplikasi jumlah insulin yang diperlukan saat mengonsumsi jumlah gula dari makanan manis, termasuk cokelat, saat perut kosong.

Jika dipaksakan, maka akan berakibat merusak keseimbangan asam basa dalam tubuh.

Baca Juga: Bahan Mudah Ditemukan! Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol

Pisang

Ada banyak orang yang terbiasa mengonsumsi pisang setiap kali sarapan. Namun, pisang ternyata tak sebaik yang dikira banyak orang.

Pisang kaya akan magnesium. Ketika pisang dikonsumsi, maka perut akan lebih cepat mengolah daripada biasanya. Dampaknya adalah adanya peningkatan tekanan pada sistem kardiovaskular.

Jangan pernah mencoba mengonsumsi deretan makanan di atas saat perut kosong, apabila Anda tak ingin merasakan sakit perut yang parah.

Selanjutnya: Saat IHSG Terpuruk, Saham-Saham Ini Banyak Dipungut Asing Sepekan Terakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News