Keluarga

5 Penyebab Pasangan Malas Berhubungan Intim, Jangan Diabaikan!

5 Penyebab Pasangan Malas Berhubungan Intim, Jangan Diabaikan!

MOMSMONEY.ID - Berikut 5 penyebab pasangan malas berhubungan intim yang harus Anda tahu.

Ada banyak penjelasan mengapa salah satu pasangan dalam hubungan jangka panjang mulai menghindari seks atau hubungan intim.

Penjelasan atas perilaku pasangan yang demikian mungkin karena masalah medis yang mendasarinya atau berbagai faktor emosional maupun psikologis.

Melansir laman Lybrate, Sexologist Dr. Vinod Raina memaparkan lebih detail tentang apa saja penyebab pasangan malas berhubungan intim. Inilah penjelasannya yang wajib Anda simak sampai akhir.

Baca Juga: Waktu Terbaik Berhubungan Intim Biar Cepat Hamil serta Tips Supaya Berhasil

1. Faktor fisik

Penyebab pasangan malas berhubungan intim yang pertama yaitu faktor fisik.

Menurunnya libido pasangan mungkin disebabkan oleh penyakit fisik terutama yang berkaitan dengan sistem endokrin dan peredaran darah.

Gangguan seperti diabetes, hipotiroidisme, atau komplikasi jantung bisa memengaruhi kadar hormon dalam tubuh yang menyebabkan kurangnya dorongan seksual.

2. Faktor psikologis

Penyebab pasangan malas berhubungan intim yang kedua yaitu faktor psikologis.

Banyak faktor mental dan emosional yang bisa memengaruhi libido, baik pada wanita maupun pria. Adapun stres dan depresi yang sering menyebabkan kurang tidur merupakan dua penyebab terbesar dari keengganan untuk berhubungan intim.

Untuk mengatasinya, bicaralah dengan pasangan Anda tentang hal-hal apa saja yang sekiranya membuat stres dan memicu depresi. Ingat, komunikasi dan konseling adalah cara terbaik untuk menghadapi situasi seperti ini.

3. Masturbasi berlebihan

Penyebab pasangan malas berhubungan intim yang ketiga yaitu masturbasi berlebihan.

Seseorang yang terlalu banyak menonton pornografi cenderung sering melakukan masturbasi pada akhirnya. Akibatnya, masturbasi yang berlebihan akan secara otomatis menurunkan fungsi seksual ketika berhubungan intim.

Apabila pasangan Anda terlalu sering melakukan masturbasi, mintalah ia untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.

Baca Juga: Kenapa Desahan Penting dalam Hubungan Seks? Kenali Manfaat Mendesah di Sini

4. Kurang kasih sayang

Penyebab pasangan malas berhubungan intim yang keempat yaitu kurang kasih sayang.

Ketika tidak ada kehangatan dan kasih sayang di antara pasangan, keinginan untuk melakukan hubungan intim pun otomatis berkurang.

Jika sudah begini, usahakan untuk berkomunikasi dengan pasangan guna menentukan cara yang efektif untuk menyalakan kembali cinta dan gairah satu sama lain.

5. Kecanduan narkotika

Penyebab pasangan malas berhubungan intim yang kelima yaitu kecanduan narkotika.

Jika pasangan Anda telah mengembangkan kecanduan terhadap narkotika tertentu seperti nikotin, morfin, dan berbagai antidepresan, maka itu bisa jadi alasan utama mengapa pasangan Anda enggan untuk berhubungan intim.

Mengapa demikian? Pasalnya, zat-zat tersebut diketahui dapat mengurangi dorongan seksual pada orang yang mengonsumsinya.

Nah, itulah 5 penyebab pasangan malas berhubungan intim yang harus Anda tahu. Penyebab di balik keengganan terhadap seks sering kali sangat subjektif dan kompleks.

Kendati komunikasi yang terbuka dan jujur antara pasangan dapat memecahkan masalah, terapi dan bantuan medis merupakan solusi yang efektif dalam banyak kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News