Santai

4 Tanda Psikologis Unik tentang Cinta Ini Sering Dirasa Saat Jatuh Cinta

4 Tanda Psikologis Unik tentang Cinta Ini Sering Dirasa Saat Jatuh Cinta

MOMSMONEY.ID - Merupakan perasaan yang sering dirasakan anak muda, ketahui beberapa fakta psikologis tentang cinta berikut ini!

Jika sedang jatuh cinta, perasaan dominan yang muncul hanyalah kebahagiaan saja. Beberapa kebiasaan pun juga muncul sebagai efek psikologis jatuh cinta.

Meski kerap menimbulkan kebiasaan-kebiasaan unik, ada juga fakta psikologis unik tentang cinta yang jarang disadari banyak orang. Berikut adalah beberapa daftarnya:

Merasakan kupu-kupu

Butterfly in stomach merupakan salah satu tanda psikologis seseorang sedang dalam tahap jatuh cinta. Merasa geli pada bagian perut merupakan tanda yang kerap disebut dengan kupu-kupu beterbangan di perut.

Hal tersebut ternyata secara psikologis disebabkan karena adanya adrenalin yang meningkat di tubuh. Yang kemudian, membuat tubuh berada dalam situasi psikologis yang disebut dengan respons fight or flight.

Baca Juga: Agar Rambut Lembut, Pakai Kondisioner dengan 4 Cara Ini

Susah makan

Jatuh cinta dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan dan juga susah tidur. Tentu saja hal tersebut di karena kan adanya keinginan untuk memikirkan orang lain yang disuka atau pasangan.

Fakta tersebut didukung juga dari hal yang dilansir dari laman The Active Times, bahwa saat sedang jatuh cinta produksi hormon dopamine, hormon kesenangan, akan meningkat. Sehingga euphoria yang dirasakan akan menurunkan nafsu makan hingga insomnia.

Detak jantung sama

Bagi pasangan yang menjalin hubungan romantis ternyata bisa memiliki detak jantung sama dengan pasangannya.

Fakta ini dibuktikan dari penelitian mahasiswa dari University of California, yang dilansir dari laman The Active Times, menyatakan, jika kedua orang yang saling jatuh cinta akan memiliki detak jantung dengan irama yang sama.

Baca Juga: Supaya Hasilnya Akurat, Lakukan 6 Cara Menimbang Berat Badan Ini

Healing pakai pelukan

Berpelukan dengan pasangan menurut laman Bored Panda juga bisa membantu produksi hormon oxytocin atau yang disebut dengan hormon cinta meningkat dan meningkatkan bonding antar pasangan.

Sehingga ketika pasangan berpelukan atau hanya sekadar melihat foto dari orang yang dicintai, hormon oxytocin akan dilepaskan dan membantu meredakan sakit kepala ataupun sakit lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa fakta psikologis unik tentang cinta yang jarang disadari pasangan kekasih. Apakah Anda pernah merasakan salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News