Santai

4 Cara Ampuh Batasi Gadget dan Sosmed Buat Semua Umur

4 Cara Ampuh Batasi Gadget dan Sosmed Buat Semua Umur

MOMSMONEY.ID - Ketahui cara yang tepat untuk mulai mengurangi waktu bermain media sosial lewat artikel ini, yuk!

Sosial media dan gadget kini telah menjadi bagian dari aktivitas harian yang tak bisa berhenti dilakukan dan membuat kecanduan.

Nyatanya, ketagihan bermain media sosial maupun gadget bisa memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh dan juga mental.

Maka dari itu, penting untuk mulai mengontrol waktu bermain gadget dan media sosial agar tidak kecanduan.

Kebiasaan berikut ini bisa diterapkan untuk membantu membatasi waktu bermain media sosial melalui gadget agar tidak jadi kecanduan:

Baca Juga: 4 Jenis Tas Populer dan Fungsinya, Catat Biar Enggak Salah Pakai

Hapus media sosial

Menghapus media sosial yang memberikan efek kecanduan dan kurang bermanfaat juga bisa digunakan sebagai salah satu cara efektif mengurangi waktu bermain gadget.

Laman Buzz Feed menyarankan, agar menghapus sosial media yang bisa mengganggu dari ponsel dan mulai beralih ke laptop ketika ingin mengeceknya sesekali. Jadi, waktu bermain ponsel bisa menjadi lebih terkontrol.

Matikan notifikasi

Jika ponsel yang dimiliki memiliki pengaturan untuk mematikan notifikasi, maka gunakan pengaturan tersebut untuk membantu mengurangi waktu bermain gadget.

Mematikan notifikasi bisa membuat kecenderungan untuk selalu mengecek ponsel menjadi berkurang. Dengan begitu, kegiatan atau aktivitas lainnya bisa dilakukan dengan fokus dan nyaman tanpa ada keinginan untuk selalu mengecek ponsel setiap saat.

Baca Juga: 5 Jenis Parfum Sesuai Tingkat Ketahanannya, Jangan Sampai Salah Pakai

Hindari membawa gadget ke tempat tidur

Menurut laman Bustle, kesalahan pertama yang bisa membuat seseorang menjadi kecanduan gadget adalah karena membawanya bahkan saat ingin tidur di malam hari.

Menurut sebuah penelitian dari Harvard Health, blue light atau cahaya dari layar ponsel dapat mengganggu kualitas tidur dan memicu gangguan kesehatan juga. Sehingga, untuk bisa mengurangi waktu bermain ponsel, jauhkan ponsel setidaknya dua jam sebelum tidur.

Mengatur batasan waktu

Cara ampuh yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan mengatur batasan waktu bermain media sosial. Beberapa aplikasi sosial media dan ponsel memberikan pengaturan yang bisa membatasi penggunaan waktu aksesnya.

Dari sini, pengguna bisa mengatur berapa lama batas waktu yang diinginkan untuk bisa mengakses aplikasi atau bermain ponsel dalam sehari. Cara ini merupakan cara yang efektif dicoba untuk mengurangi waktu bermain ponsel

Itulah beberapa cara dan kebiasaan yang bisa dilakukan agar terhindar dari kecanduan bermain gadget dan media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News